Pengaruh Pembelajaran Pengetahuan Pencemaran Secara Online Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Pada Heritage TNBBS Di Ulubelu

Septi Arlistiani, Arwin Surbakti, Ismi Rakhmawati

Abstract


This study aims to determine the influence of environmental pollution knowledge learning by online to care attitude on the TNBBS heritage in SMP Negeri 1 Ulubelu and understand which dimension of attitude was the most controlled by students to increase caring attitude TNBBS heritage. The design of this study was quantitatif descriptive. The samples in this study were a students of class VII-1, VII-2, and VII-3 with the totaling 50 people of the 93 students dan was determine through purposive sampling technique. The results showed that has the influence significant the online based environmental pollution knowledge learning to care attitude on the TNBBS heritage in SMP Negeri 1 Ulubelu. The demension of attitude was the most controlled by students to increase caring attitude TNBBS heritage was affection dimension with 35,38% percent.

Pengaruh Pembelajaran Pengetahuan Pencemaran Lingkungan Secara Online Terhadap Sikap Peduli Pada Heritage TNBBS Di SMP Negeri 1 Ulubelu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pengetahuan pencemaran lingkungan secara online terhadap sikap peduli pada heritage TNBBS di SMPN 1 Ulubelu dan mengetahui dimensi manakah yang paling dikuasai oleh peserta didik untuk meningkatkan sikap peduli pada heritage TNBBS. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif non-eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-1, VII-2, dan VII-3 dengan jumlah total 50 orang dari 93 peserta didik dan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data nilai pengetahuan pencemaran lingkungan peserta didik diperoleh dari soal sedangkan data nilai sikap peduli pada heritage TNBBS peserta didik diperoleh dari angket yang diberikan diakhir pembelajaran kemudian kedua data nilai tersebut dianalisis secara statistik menggunakan uji One Way Anova pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran online pengetahuan pencemaran lingkungan terhadap sikap peduli pada heritage TNBBS di SMP Negeri 1 Ulubelu. Dimensi yang paling dikuasai peserta didik dalam meningkatkan sikap peduli pada heritage TNBBS adalah dimensi “Afeksi” dengan presentase 35,38%.

Kata Kunci: pembelajaran pengetahuan pencemaran lingkungan, sikap peduliTNBBS

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jbt.v8i3.21418


Full Text:

PDF

References


Azwar. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka

Pelajar. Yogyakarta.

Bilfaqih, Y dan Qomarudin, N. M., 2015. Esensi Pengembangan

Pembelajaran Daring. Deepublish. Yogyakarta.

Deni. 2011. Analisis Perambahan Hutan Di Taman Nasional Bukit

Barisan Selatan (Studi Kasus Desa Tirom Di Kecamatan

Pematang Sawah Kabupaten

Tanggamus). Jurnal Ilmu Kehutanan. 5 (1): 9-20. Fakultas

Kehutanan. Universitas Kuningan. Jawa Barat.

Entas, D., dan Widiastiti, I., P. 2018. Kawasan Heritage Jalan

Gajah Mada Sebagai Upaya Pelestarian Kawasan Kota Tua

Denpasar Bali. Jurnal Industri Pariwisata. 1 (1): 13-19.

Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional. Denpasar.

Fitria, F. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap

Siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh Terhadap

Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan. FKIP Unsyiah.

Banda Aceh. (online), (http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?

p=show_detail&id=24825, diakses pada 25 November

.

Howard, Peter. 2003. Heritage, Management, Interpretation,

identity. Lexington Avenue. New York.

Kellstedt, P.M. 2008. Personal Efficacy, the Information

Environment and Attitudes toward Global Warming and

Climate Change in the United State. Journal for the

Scientific Study. Analysis Risk.

Kodir, Abdul. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran IPA Berbasis

Lingkungan dan Kemampuan Awal terhadap Peningkatan

Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik di MTs Kota Kendari.

Tesis. Universitas Makasar.

Krech, etc. 1982. Individual in Society. Cetakan ke-4. Auckland:

McGraw-Hill.

Masruroh. 2018. Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan

Pendidikan. Jurnal Pendidikan Geografi. 18 (2): 130-134.

Pertiwi, Risti. 2017. Pengaruh Siswa Terhadap Keaktifan Belajar

Kompetensi Pembuat Saku Tempel Mata Pelajaran Dasar

Teknologi Menjahit Kelas X Jurusan Tata Busana SMKN 6

Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pertiwi, O. P., 2019. Perbandingan Pengetahuan Biodiversitas dan

Sikap Peduli Lingkungan Antara Siswa di Kawasan

Konservaso Taman Nasional Way Kambas Dengan Siswa Di

Perkotaan. Skripsi. FKIP. Universitas Lampung. Bandar

Lampung.

Riyanto dan Prasojo, L. D. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan

Membahas Materi Dasar Teknologi Yang Wajib Dikuasai

Pemula TI. Gava Media. Yogyakarta.

Soetarno. 1994. Sikap, Pengertian, Definisi, dan Faktor yang

Mempengaruhi. http://www.duniapsikologi.com/sikap-

pengertian-definisi-dan-faktoryang-mempengaruhi/.

Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Surbakti, Arwin. 2015. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan

Hidup. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Unesco. 1972. Convention Concerning The Protection Of The

World Cultural and Heritage. UNESCO. Paris.

Woolfolk. 1993. Educational Psychology. Ally dan Bacon. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.