Pengaruh Pembelajaran Pengetahuan Pencemaran Secara Online Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Pada Heritage TNBBS Di Ulubelu
Abstract
This study aims to determine the influence of environmental pollution knowledge learning by online to care attitude on the TNBBS heritage in SMP Negeri 1 Ulubelu and understand which dimension of attitude was the most controlled by students to increase caring attitude TNBBS heritage. The design of this study was quantitatif descriptive. The samples in this study were a students of class VII-1, VII-2, and VII-3 with the totaling 50 people of the 93 students dan was determine through purposive sampling technique. The results showed that has the influence significant the online based environmental pollution knowledge learning to care attitude on the TNBBS heritage in SMP Negeri 1 Ulubelu. The demension of attitude was the most controlled by students to increase caring attitude TNBBS heritage was affection dimension with 35,38% percent.
Pengaruh Pembelajaran Pengetahuan Pencemaran Lingkungan Secara Online Terhadap Sikap Peduli Pada Heritage TNBBS Di SMP Negeri 1 Ulubelu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pengetahuan pencemaran lingkungan secara online terhadap sikap peduli pada heritage TNBBS di SMPN 1 Ulubelu dan mengetahui dimensi manakah yang paling dikuasai oleh peserta didik untuk meningkatkan sikap peduli pada heritage TNBBS. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif non-eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-1, VII-2, dan VII-3 dengan jumlah total 50 orang dari 93 peserta didik dan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data nilai pengetahuan pencemaran lingkungan peserta didik diperoleh dari soal sedangkan data nilai sikap peduli pada heritage TNBBS peserta didik diperoleh dari angket yang diberikan diakhir pembelajaran kemudian kedua data nilai tersebut dianalisis secara statistik menggunakan uji One Way Anova pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran online pengetahuan pencemaran lingkungan terhadap sikap peduli pada heritage TNBBS di SMP Negeri 1 Ulubelu. Dimensi yang paling dikuasai peserta didik dalam meningkatkan sikap peduli pada heritage TNBBS adalah dimensi “Afeksi” dengan presentase 35,38%.
Kata Kunci: pembelajaran pengetahuan pencemaran lingkungan, sikap peduli, TNBBS
Full Text:
PDFReferences
Azwar. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka
Pelajar. Yogyakarta.
Bilfaqih, Y dan Qomarudin, N. M., 2015. Esensi Pengembangan
Pembelajaran Daring. Deepublish. Yogyakarta.
Deni. 2011. Analisis Perambahan Hutan Di Taman Nasional Bukit
Barisan Selatan (Studi Kasus Desa Tirom Di Kecamatan
Pematang Sawah Kabupaten
Tanggamus). Jurnal Ilmu Kehutanan. 5 (1): 9-20. Fakultas
Kehutanan. Universitas Kuningan. Jawa Barat.
Entas, D., dan Widiastiti, I., P. 2018. Kawasan Heritage Jalan
Gajah Mada Sebagai Upaya Pelestarian Kawasan Kota Tua
Denpasar Bali. Jurnal Industri Pariwisata. 1 (1): 13-19.
Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional. Denpasar.
Fitria, F. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap
Siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh Terhadap
Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan. FKIP Unsyiah.
Banda Aceh. (online), (http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?
p=show_detail&id=24825, diakses pada 25 November
.
Howard, Peter. 2003. Heritage, Management, Interpretation,
identity. Lexington Avenue. New York.
Kellstedt, P.M. 2008. Personal Efficacy, the Information
Environment and Attitudes toward Global Warming and
Climate Change in the United State. Journal for the
Scientific Study. Analysis Risk.
Kodir, Abdul. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran IPA Berbasis
Lingkungan dan Kemampuan Awal terhadap Peningkatan
Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik di MTs Kota Kendari.
Tesis. Universitas Makasar.
Krech, etc. 1982. Individual in Society. Cetakan ke-4. Auckland:
McGraw-Hill.
Masruroh. 2018. Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan
Pendidikan. Jurnal Pendidikan Geografi. 18 (2): 130-134.
Pertiwi, Risti. 2017. Pengaruh Siswa Terhadap Keaktifan Belajar
Kompetensi Pembuat Saku Tempel Mata Pelajaran Dasar
Teknologi Menjahit Kelas X Jurusan Tata Busana SMKN 6
Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Pertiwi, O. P., 2019. Perbandingan Pengetahuan Biodiversitas dan
Sikap Peduli Lingkungan Antara Siswa di Kawasan
Konservaso Taman Nasional Way Kambas Dengan Siswa Di
Perkotaan. Skripsi. FKIP. Universitas Lampung. Bandar
Lampung.
Riyanto dan Prasojo, L. D. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan
Membahas Materi Dasar Teknologi Yang Wajib Dikuasai
Pemula TI. Gava Media. Yogyakarta.
Soetarno. 1994. Sikap, Pengertian, Definisi, dan Faktor yang
Mempengaruhi. http://www.duniapsikologi.com/sikap-
pengertian-definisi-dan-faktoryang-mempengaruhi/.
Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Surbakti, Arwin. 2015. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan
Hidup. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Unesco. 1972. Convention Concerning The Protection Of The
World Cultural and Heritage. UNESCO. Paris.
Woolfolk. 1993. Educational Psychology. Ally dan Bacon. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.