Efektivitas Modul Bioteknologi Bermuatan Hasil Riset terhadap Kompetensi Mahasiswa Biologi

Nurul Fauziah, Iffa Ichwani Putri

Abstract


This research aims to determine the effectiveness of biotechnology modules with research results on biology student competencies. This research is an experimental study using a two-on-average test. The data collection instruments in this study are test learning outcomes for measuring cognitive competence and obsevatoin sheets for affective. The try out were conducted in 41 students of Biology Education Study Program was taking a biotechnology course at Riau Islamic University. The Results of this study show that biotechnology modules with research results on biology student competencies is very effective. The average cognitive competency of the experimental class is higher (83.84) than the control class (53.75), the average experimental class affective competence (88.70) is in the control class (69.76). The conclusion is the effectiveness of biotechnology modules with research results on biology student competencies is effective.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul bioteknologi bermuatan hasil riset terhadap kompetensi mahasiswa biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan uji dua rata-rata. Instumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar untuk mengukur kompetensi kognitif, dan lembar observasi untuk kompetensi afektif. Uji coba dilakukan pada 41 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Bioteknologi di Universitas Islam Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul bioteknologi bermuatan hasil riset sangat efektif. Rata-rata kompetensi kognitif kelas eksperimen lebih tinggi (83.84) dibandingkan kelas kontrol (53.75), dan rata-rata kompetensi afektif kelas eksperimen lebih tinggi (88.70) dibandingkan kelas kontrol (69.76). Kesimpulannya adalah modul bioteknologi bemuatan hasil riset untuk mahasiswa biologi sudah efektif.

Kata kunci: efektivitas, hasil riset, kompetensi, modul bioteknologi

 


Full Text:

PDF

References


Kemenristekdikti Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran. 2017. Panduan Penyusunan Perangkat Pembelajaran & Bahan Ajar. https://id.scribd.com/document/372035699/133-Panduan-Perangkat-Bahan-Ajar. (Online).

Zulfarina, dkk. 2007. Modul Bioteknologi. FKIP. Universitas Riau Pekanbaru.

Ellizar. 2009. Models of Teaching by Constructivism Approach with Module. Jurnal Kependidikan Triadik, (Online), Vol.12, No. 1, (http://repository. unib.ac.id/312/1/Judul%202%Ellizar.pdf. (Online).

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Putra Rosdakarya.

Yusuf, M. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.

Muslim dan Bahtiar. 2012. Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Kalasan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Marthalena. 2016. Pengembangan Modul Ekologi Hewan Bermuatan Hasil Riset. Tesis tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Handayani, S. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pengujian di Laboratorium sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi. Makalah disajikan dalam Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Marthalena. 2016. Pengembangan Modul Ekologi Hewan Bermuatan Hasil Riset. Tesis tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Fauziah, N. 2019. Efektivitas Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Bioconcetta. Vol. 5, No. 1, Tahun 2019. (Online).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.