Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi

Fitri Natalia, Diana Hernawati, Dea Diella

Abstract


The Research is a correlational study that aims to determine the relationship between digital literacy and the social attitudes of students in learning biology. The research sample consisted of 35 students as participants with the sampling technique using purposive sampling. The digital literacy questionnaire consisted of 14 statements which the indicators were adapted from Paul Glister (1997). The calculation of the two variables uses a Likert scale. Hypothesis testing used Pearson bivariate correlation and linear regression test. Before testing the hypothesis, first the normality test and linearity test are carried out as a prerequisite analysis test. The results showed that there was a relationship between digital literacy and social attitudes (R = 0.492; R2 = 0.287) meaning that there was a contribution of digital literacy to the social attitudes of students in biology learning by 28.7%.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan sikap sosial peserta didik pada pembelajaran biologi. Sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik sebagai partisipan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Angket literasi digital terdiri dari 14 pernyataan yangindikatornya diadaptasi dari Paul Glister (1997). Perhitungan kedua variabel tersebut menggunakan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan  korelasi bivariat Pearson dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara literasi digital  dengan sikap sosial. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,492 yang berarti hubungan kedua variabel adalah sedang. Untuk nilai koefisien determinasi  (R2) sebesar 0,242 atau 24,2%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel literasi digital memberikan kontribusi sebesar 24,2% terhadap sikap sosial  peserta didik pada pembelajaran biologi.

Kata kunci: literasi digital, pembelajaran biologi, sikap sosial


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Aris, Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz media.

Azwar, Saifuddin. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Creswell, John.W. (2012). Educational Research: Planning,Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitatite Research, Fourth Edition. United States of America: Pearson Education. Retrieved 01 January, 2019 from http://bookfi.net/book/1385822.

Fauziah, et.al. (2019). Perbandingan Pengetahuan Biodiversitas Dan Sikap Peduli Lingkungan Antara Peserta Didik Di Sekolah Kawasan Taman Nasional Way Kambas Dan Kawasan Perkotaan.Bioedusiana. 4 (1) (2019)

Fraenkel, J.R.,Wallen, N.E., Hyun, Hellen.H. (2012). How to Desain and Evaluate Research in Education, Eighth Edition. New York: McGraw-Hill. Retrieved 23 december, 2018 from http://en.bookfi.net/book/1424679.

Gay, L., Mills, G. E., dan Airasian, P. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications Tenth Education. USA: Pearson Education, Inc

Gilster, P. (1997), Digital literacy. New York: Wiley Computer Publications.

Hernawan, Edi. (2018). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya : LPPM Universitas Siliwangi.

Kemenkominfo.2014. Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. [online] diakses melalui kominfo.go.id. diakses pada [desember 2019].

Liaw, SS, & Huang, HM (2011). Sebuah studi yang menyelidiki sikap peserta didik terhadap e-learning. Di Konferensi Internasional ke-5 2011 tentang Pembelajaran Jarak Jauh dan Pendidikan ( Vol.12, hlm. 28-32).

Reslawati.(2007). Minoritas di Tengah Mayoritas: Interaksi Sosial Katolik dan Islam di Kota Palembang. Jurnal Komunika. Vol. 10. No. 2.

Ryder, R., & Machajewski, S. (2017). Investigasi hubungan antara literasi digital siswa dan sikap mereka terhadap penggunaan TIK. Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan, 5 ( 2),26-34

Santoso Agus. (2015) . Media Literacy Siswa Muslim Surabaya Dalam Penggunaan Internet”,Jurnal Komunikasi Islam Vol. 5 No. 1 2015, 86

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta, cv.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.