Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan sikap sosial peserta didik pada pembelajaran biologi. Sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik sebagai partisipan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Angket literasi digital terdiri dari 14 pernyataan yangindikatornya diadaptasi dari Paul Glister (1997). Perhitungan kedua variabel tersebut menggunakan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi bivariat Pearson dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara literasi digital dengan sikap sosial. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,492 yang berarti hubungan kedua variabel adalah sedang. Untuk nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,242 atau 24,2%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel literasi digital memberikan kontribusi sebesar 24,2% terhadap sikap sosial peserta didik pada pembelajaran biologi.
Kata kunci: literasi digital, pembelajaran biologi, sikap sosial
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris, Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz media.
Azwar, Saifuddin. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Creswell, John.W. (2012). Educational Research: Planning,Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitatite Research, Fourth Edition. United States of America: Pearson Education. Retrieved 01 January, 2019 from http://bookfi.net/book/1385822.
Fauziah, et.al. (2019). Perbandingan Pengetahuan Biodiversitas Dan Sikap Peduli Lingkungan Antara Peserta Didik Di Sekolah Kawasan Taman Nasional Way Kambas Dan Kawasan Perkotaan.Bioedusiana. 4 (1) (2019)
Fraenkel, J.R.,Wallen, N.E., Hyun, Hellen.H. (2012). How to Desain and Evaluate Research in Education, Eighth Edition. New York: McGraw-Hill. Retrieved 23 december, 2018 from http://en.bookfi.net/book/1424679.
Gay, L., Mills, G. E., dan Airasian, P. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications Tenth Education. USA: Pearson Education, Inc
Gilster, P. (1997), Digital literacy. New York: Wiley Computer Publications.
Hernawan, Edi. (2018). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya : LPPM Universitas Siliwangi.
Kemenkominfo.2014. Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. [online] diakses melalui kominfo.go.id. diakses pada [desember 2019].
Liaw, SS, & Huang, HM (2011). Sebuah studi yang menyelidiki sikap peserta didik terhadap e-learning. Di Konferensi Internasional ke-5 2011 tentang Pembelajaran Jarak Jauh dan Pendidikan ( Vol.12, hlm. 28-32).
Reslawati.(2007). Minoritas di Tengah Mayoritas: Interaksi Sosial Katolik dan Islam di Kota Palembang. Jurnal Komunika. Vol. 10. No. 2.
Ryder, R., & Machajewski, S. (2017). Investigasi hubungan antara literasi digital siswa dan sikap mereka terhadap penggunaan TIK. Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan, 5 ( 2),26-34
Santoso Agus. (2015) . Media Literacy Siswa Muslim Surabaya Dalam Penggunaan Internet”,Jurnal Komunikasi Islam Vol. 5 No. 1 2015, 86
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta, cv.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.