Pengembangan Media Pembelajaran Kunci Dikotomi Berbasis Android untuk Identifikasi Protozoa

Tanzirul Evendi, Berti Yolida, Ismi Rakhmawati

Abstract


This study aims to develop the protozoa dichotomy’s key on Android as a learning media to help students in protozoa identification during observation. The ADDIE model (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation) was used in this research. The learning media was implemented after needs analysis and information’s collecting from school. The learning media was developed by using App Inventor 2 (AI2) by the validation process in this study. Data were quantitative and qualitative. The result of learning media which developed was acceptable after validation and evaluation. The material validation with a percentage of 87%, media validation with a percentage of 93%, teacher’s evaluation percentage 86%, and according to students’ evaluation with a percentage of 88%. These results showed that the development learning media dichotomy’s key android-based can be used as a learning media in learning biology, especially in protozoa material.

 

Penelitian ini bertujuan mengembangkan kunci dikotomi protozoa pada android sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam mengidentifikasi protozoa selama pengamatan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implementation, Evaluate). Penyusunan media pembelajaran dilakukan setelah analisis kebutuhan dan pengumpulan informasi dari sekolah. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan App Inventor 2 (AI2) dan melalui tahap validasi ahli dan pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif.Hasil media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori sangat layak setelah divalidasi dan dinilai. Hasil validasi materi dengan persentase 87%, validasi media dengan persentase 93%, penilaian oleh pendidik dengan persentase 86%, dan penilaian oleh peserta didik serta mahasiswa dengan persentase 88%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran kunci dikotomi berbasis android yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dalam pembelajaran biologi, khususnya materi protozoa.

Kata kunci: App Inventor 2, kunci dikotomi, protozoa


Full Text:

PDF PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Agustina, H. 2008. Kontaminasi air dan infeksi Amuba Asimptomatik pada anak usia sekolah di Kampung Melayu Jakarta Timur. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 2 (5): 12-15.

Akmalia, T. S. 2014. Identifikasi tumbuhan angiospermae dengan kunci determinasi berbasis flash sebagai media belajar untuk siswa kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2): 1-5.

Andic, B., Cvijeticanin S., Maricic M., dan Stesevic D. 2018. The contribution of dichotomous keys to the quality of biological-botanical knowledge of eight grade students. Journal of Biological Education,10 (1080): 1-17.

Arifin, Y., Ricky, M. Y., dan Yesmaya, V. 2015. Digital Multimedia. Jakarta: Bina Nusantara.

Arikunto, S. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dick, W. dan Carey, L. 2005. The Systematic Design of Instruction: Third Edition. USA: Harper Collins Publishers.

Fajrina, A. E. 2017. Pengembangan Mobile Encyclopedia berbasis android sebagai media pembelajaran mandiri. Jurnal Pendidikan, 2(2): 3-4.

Mahmudah, L. 2016. Pentingnya pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di Madrasah. Jurnal Pendidikan, 4(01): 174-175.

Mastika, I. N., Adnyana, P., dan Gusti, A. S. 2014. Analisis standarisasi laboratorium biologi dalam proses pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1): 1-10.

Muyaroah, S., dan Fajartia, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6 (2): 2-5.

Muzakki, N. A. 2018. Pengamatan protozoa. Jurnal Pendidikan, 2 (2): 12-13.

Permana, E. P., dan Nourmavita, D. 2017. Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10 (2): 79-85.

Pramono. 2017. Pengembangan Kunci Determinasi Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan, 1 (1): 2-4.

Pranasiwi, O., Suratno, dan Iqbal, M. 2015. Pengembangan Aplikasi Kunci Determinasi Berbasis Android Pokok Bahasan Mamamlia di SMA/MA. Jurnal Pendidikan MIPA UNEJ, 2(1): 1-2.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Simatupang, A. C., dan Sitompul, A. F. 2018. Analisis sarana dan prasarana laboratorium biologi dan pelaksanaan kegiatan praktikum biologi dalam mendukung pembelajaran biologi kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2): 109-115.

Suwarsito, Sutomo, dan Fuziah, D. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Geografi Perkotaan dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. JUITA, 1 (3): 3-6.

Tanjung, I. F. 2016. Guru dan strategi inkuiri dalam pembelajaran biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(01): 12-14.

Walker, Decker F & Hess, Robert D. 1984. Instructional Software: Principles and Perspectives for Design and Use. California: Wadsworth Publishing Company.

Yuliati, Y. 2017. Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2): 21-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.