PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN
Abstract
This study was aim to improve of the science process skill’s student through practical method. This experiment used pretest-posttest non-equivalent group design. The samples were VIIA and VIIB that chosen by purposive sampling technique. The data consist of qualitative and quantitative. The quantitative data was the average value of pretest, posttest and N-gain were analyzed using t-test and Mann-Whitney U test. The qualitative data was descriptions of learning activities. The results showed that by the practical method, science process skill students was increasing, with average N-Gain 50.93. The activities of students such as attention to the teacher, team work, answer the question, discussion also was increasing. Thus, the practical method improved the science process skill’s students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode praktikum terhadap keterampilan proses sain siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai N- Gain pretes dan postes yang analisis secara statistik menggunakan uji t dan uji Mann-Withney. Data kualitatif berupa deskripsi data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode praktikum, keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan secara signifikan, dengan rata-rata N-Gain 50.93. Aktivitas belajar siswa seperti memperhatikan guru, bekerjasama, menjawab pertanyaan dan berdisusi juga meningkat. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa.
Kata kunci : aktivitas siswa, keragaman sistem organisasi kehidupan makhluk hidup, keterampilan proses sains siswa (KPS), metode praktikum.
Full Text:
PDFReferences
Airlanda, Gamaliel Septian. 2011. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Biologi melalui Blended Learning pada Siswa Kelas XI IPA 3 Putra SMA RSBI Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo (PDF). Solo : Universitas Sebelas Maret.
Anggraini, Beti. 2012. Penerapan Praktikum dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa, Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Depdiknas.
Duda, Halarius Jago. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum dan Asesmennya pada Konsep Sistem Ekskresi untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kal-Bar : STKIP Persasa Khatilistiwa Sintang.
Hartati, B. 2010. Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 2 Pekalongan (PDF).Jurnal. Semarang : UNNES
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Harefa, Amin Otoni, 2010,Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika, Progaram studi Pendidikan Matematika FPMIPA, Diktat tidak diterbitkan, IKIP Gunungsitoli, Gunungsitoli
Noton, Adriana.2010. Benefits Of Innovated Science Lab Equipment In Schools. Diakses dari http://EzineArticles.com/?expert=Adriana_Noton, pada Selasa 10 September 2012, pkl 16.40
Riyanto, Y. 2001. Metodologi Pendidikan. SIC. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.