Perbandingan Pengetahuan dan Sikap Peduli Lingkungan di Sekolah Kawasan TNWK dengan Perkotaan

Osalia Putri Pertiwi, Dewi Lengkana, Arwin Surbakti

Abstract


This study aims were to compare the knowledge of biodiversity and the environmental care attitude of students between schools around the conservation of TNWK and urban school. This study used descriptive verification and ex post facto design. The samples were X grade IPA students in Seputih Surabaya 1 High School and Bandar Lampung 1 High School 2017/2018 Academic Year which were taken using purposive sampling method. Data on students' knowledge were obtained through tests and environmental care attitudes obtained through questionnaires. Data were analyzed  using the t-test and linear regression. The results of t-test showed that there were differences in knowledge significant environmental care attitude towards students in school the TNWK conservation area and school in urban area. The results of the linear regression test showed that there was  very strong relationship between knowledge and environmental care for high school in school the TNWK area.


Penelitian ini bertujuan membandingkan pengetahuan keanekaragaman hayati dan sikap peduli lingkungan siswa di sekolah konservasi TNWK dengan sekolah perkotaan. Penelitian menggunakan desain deskriptif verifikatif dan ex post facto. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Seputih Surabaya dan SMA Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Data pengetahuan diperoleh melalui tes dan sikap peduli lingkungan diperoleh melalui angket. Analisis data menggunakan uji-t dan regresi linear. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap peduli lingkungan yang signifikan antara siswa di sekolah kawasan konservasi TNWK dengan sekolah di perkotaan. Hasil uji regresi linear menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara pengetahuan dengan sikap peduli lingkungan siswa di sekolah kawasan TNWK.

 

Kata kunci: keanekaragaman hayati, konservasi, perkotaan, sikap peduli lingkungan


Full Text:

PDF

References


Arief, S. 2007. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ayunda, P. 2014. Hubungan antara Sikap Peduli Lingkungan dengan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Penddikan. (Online), (http://etd.uny.ac.id/index.php?p=show_detail&id=51132, diakses pada tanggal 6 Februari 2019).

Balai TNWK. 2000. Sejarah dan Konservasi. Lampung. (Online) (https://www.tnwk.go.id/sejarah/ , diakses pada tanggal 20 Februari 2018).

Bappenas, 2003. Strategi dan Rencana Aksi Keanekaragaman Hayati Indonesia 2003-2020. IBSAP Dokumen Nasional Pemerintah Indonesia. Bogor: CIFOR and IUCN.

Fitria, F. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap Siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh Terhadap Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan. FKIP Unsyiah. Banda Aceh. pukul 12: 50 WIB. 11 hlm. (Online), (http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=24825, diakses pada tanggal 14 Maret 2018).

Gifford, R. dan Reuven, S. 2012. Environmental Attitudes. Journal Psychology, Personality and Social Psychology. 10 (2): 3-18.

Hasri. 2015. Hubungan Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan. 6 (2): 1-9.

Indrawan, M. 2007. Biologi Konservasi. 3rd Ed. Jakarta: Yayasan Obor.

Kellstedt, P.M. 2008. Personal Efficacy, the Information Environment and Attitudes toward Global Warming and Climate Change in the United State. Journal for the Scientific Study. Jakarta: Analysis Risk.

Nurhayati. 2016. Sustainable Life Style Masyarakat Perkotaan (Studi Tentang Gaya Hidup Berkelanjutan Masyarakat Perkotaan di Riau). Jurnal Sorot. 11 (2): 75-86.

Rahmawati, I. dan Suwanda, M. 2016. Upaya Pembentukan Prilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Lingkungan . (Online),(http://jurnal.ubaya.ac.id, diakses pada 3 Januari 2018).

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Soerjani. 1992. Lingkungan, Sumber Daya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamara, R. 2016. Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi. 16 (1): 44-55.

Wawan dan Dewi, M. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.