Pengaruh Model PjBL terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Era Ariyani, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


This research aim was to know the effect of PjBL Model toward science communication skills and student creative thinking. The samples which selected by purposive sampling were students of VIIK and VIIL SMPN 15 Bandar Lampung. The design used was a pretest-posttest control group. Science communication skills’s data were obtained by observation and creative thinking skill through pretest-posttest, and creative product assessment instrument. The results, experiment grade has “good” criteria in oral communication skill, “enough” in written communication, and “enough” in student creative thinking skill. Creative thinking skill of the experiment grade significantly different from the control grade that were statistic analyzed by t-test and U test in 0,05. So, it can be concluded that PjBL Model has effect toward science communication skills and creative thinking of students.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL terhadap kemampuan komunikasi sains dan berpikir kreatif peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas VIIK dan VIIL SMPN 15 Bandar Lampung, dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-postest control group design. Data kemampuan komunikasi sains diperoleh menggunakan observasi dan kemampuan berpikir kreatif melalui nilai pretest-posttest dan penilaian produk kreatif. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki kemampuan komunikasi lisan berkriteria “baik” dan komunikasi tertulis berkriteria “cukup”, serta kemampuan berpikir kreatif melalui produk berkriteria “cukup”. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan menunjukkan pengaruh signifikan, setelah dianalisis statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan taraf kepercayaan 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi sains dan berpikir kreatif peserta didik.

 

Kata kunci: berpikir kreatif, komunikasi sains, model PjBL


Full Text:

PDF

References


Budiati, H. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Secara Terpadu Dengan Permainan Kartu Link And Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pada Pembelajaran Biologi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi. 10 (2): 1-10. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

BPS. 2017. Angka Pengangguran Indonesia. (Online), (http:/www.BPS.

org.id/tenaga_kerja/index/html, diakses pada 11 Januari 2018 pukul 15.15 WIB).

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fitriana. 2015. Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Biologi pada Materi Daur Ulang Limbah Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL). Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Hamalik, O. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryani, I. T. 2012. Hubungan Keaktifan Bertanya dengan Berpikir Kreatif pada Siswa SMPN 1 Taman Sidoarjo. Tesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Hake, R. R. 2005. Analyzi g Change/ Gain Scores. (Online), (www. physics.indiana.edu/~sdi/Analyzing Change-Gain.pdf, diakses pada 18 Oktober 2017 pukul 20.31 WIB).

Insyasiska, Siti, dan Herawati. 2013. Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X Mata Pelajaran Biologi di SMAN 1 Batu. (Online), (http:// karya-ilmiah.um.ac.id/ index.php/disertasi /article/view/24805, diakses pada 06 Oktober 2017 pukul 17.02 WIB).

Marlinda, N.P.M. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah Siswa Tesis. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

OECD. 2016. The Programme for International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2015. (Online), (www.oecd.org.edu/pisa/, diakses pada 11 November 2017 pukul 06.04 WIB).

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Railsback, J. 2002. Project Based Instruction: Creating Excitement for Learning. (Online), (http:// educationnorthwest.org/ diakses pada tanggal 19 Oktober 2017 pukul 06.33 WIB).

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tambak, S. 2013. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan Gagasan Pemikiran dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas untuk Kemajuan Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yesildere, S. dan Elif B. Turnuklu. 2006. The Effect of Project-Based Learning on Preservice Primary Mathematics Teachers’ Critical Thinking Dispositions. Int Online J Science Math Ed 6 (1): 1-11. (Online), (http://www.upd.edu. ph/~ismed/online/articles/project/ Vol 6 The Effect.pdf., diakses pada 20 September 2018 pukul 20:02 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.