Analisis Kesesuaian Materi Ruang Lingkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X

Adi Setiawan, Tri Jalmo, Arwin Surbakti

Abstract


This study aim was to describe the conformity level of biological scope material on biology textbook of high school class X from aspect material breadth and depth. The samples of research were 2 biology textbooks that was obtained from purposive sampling technique, that were book A published by Erlangga and book B published by Yrama Widya. Data collection by questionnaire method and documentation study. The result showed that the conformity of material breadth and depth on A book is very appropriate with material breadth percentage was 100% and material depth was 83,3%. While the result of conformity analysis on breadth and depth of B book was very appropriate with material breadth percentage was 100% and material depth was 89,9%. It can be concluded that the conformity of the biological scope of materials on B book was higher than A book.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian materi ruang lingkup biologi pada buku biologi SMA kelas X yang ditinjau dari aspek keluasan dan kedalaman materi. Sampel penelitian ini 2 buku biologi yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu buku A yang diterbitkan Erlangga dan buku B yang diterbitkan Yrama Widya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan studi dokumentasi. Hasil analisis keluasan dan kedalaman materi pada buku A sama-sama diperoleh kategori sangat sesuai dengan masing-masing persentase keluasan materi yaitu 100% dan kedalaman materi yaitu 83,3%. Kemudian, keluasan dan kedalaman materi pada buku B sama-sama diperoleh kategori sangat sesuai dengan masing-masing persentase keluasan materi yaitu 100% dan kedalaman materi yaitu 89,9%. Dengan demikian, dapat dikatakan kesesuaian materi ruang lingkup biologi pada buku B lebih tinggi dibanding buku A.

Kata kunci: kedalaman materi, keluasan materi, materi ruang lingkup biologi

 


Full Text:

PDF

References


Andriaty, W. N, Yusuf, H. A, dan Ammi, S. 2014. Analisis Kesesuaian Cakupan Materi Dalam Bahan Ajar Dengan Kompetensi Dasar Pada Buku Teks Biologi SMP. Jurnal Formica Education. 1 (1): 1-6. (Online), (http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/feo/article/view/93/75, diakses 4 Juli 2017).

Bappenas. 2013. Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. Jakarta: BPS.

BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta. BSNP. Djelita, R. D. P. 2015. Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKN Sebagai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan. 5 (1): 1-8. (Online), (http://andzoc.com/pemilihan-dan-pengembangan-bahan-ajar-mata- pelajaran-pendidikan.html, diakses 10 juli 2017).

Farisi, M. I. 2012. Buku Teks Sebagai Psychological Tool Proses Enkulturasi dan Pelestarian Kearifan Lokal. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru IV. (Online), (http://utsurabaya.file.wordpress. com/2012/12/ting-iv.pdf, diakses 24 Januari 2017).

Handayani, R. A. 2015. Analisis Kesesuaian Antara Materi dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Handoko R, dan Sipahutar H. Analisi Miskonsepsi Pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013 di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Pelita Pendidikan. 4 (1): 39-47. (Online), (http://digilib. unimed.ac.id/5064/, diakses 13 Juli 2017).

Juwita, T., Ilmiyati, N., Maladona, A. 2017. Analisis Kelayakan Buku Teks Siswa IPA Kurikulum 2013 Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII Untuk Digunakan Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Relevansi Isi, Ketepatan, dan Kompleksitas. Jurnal Bio Educatio. 2 (1): 63-70. (Online), (http://jurnal.unma.ac.id/ index.php/BE/article/view/589, diakses 15 Juli 2017).

Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA. Jakarta: Kemdikbud.

Khumairo, G. F. 2015. Analisis Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 SMA Kelas XI Ditinjau dari Ketepatan Konsep dan Tingkat Akomodasi Pendekatan Saintifik Pada Konsep Sistem Ekskresi. Skripsi. Cirebon: Institut Afama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.

Muslich, M. 2009. Text Book Writing Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Malang: Ar-Ruzz Media.

PP Republik Indonesia Nomor 32. 2013. Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Pratiwi, H. N. 2016. Analisis Materi dan Penyajian Buku Ajar Matematika SMP Kelas VII di Kabupaten Sukoharjo. Surakarta: UM Surakarta.

Rahmayani, Rizki. 2017. Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI dengan Standar Isi. Skripsi. Medan: Unimed.

Sitepu, B. P. 2014. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syuhada, A. 2017. Analisis Kesesuaian Materi Hewan Pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, H. G dan Tarigan, D. 2009. Telaah Buku teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusmium, Ika. 2015. Analisis Buku TeksMata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kurikulum 2013. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.