Hubungan antara Pengetahuan tentang Ekosistem dan Perubahan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan
Abstract
The aims of this study were to determine the significance and direction of the correlation between two variables and the contribution of knowledge about the ecosystem and environmental changes to the attitude of environmental care. The design of this research was correlational study. The subjects of this study were 85 students of XI grade of Senior High School 2 Bandar Lampung determined by cluster random sampling technique. Data of knowledge was taken using multiple-choice test and data of attitude was taken using questionnaire. Data analysis technique used was simple linear regression. The results showed (1) there was a significant correlation between the knowledge with the attitude shown by the Sig. 0.032 <0.05; (2) the direction of the correlation between the knowledge with the attitude was positive which is shown through the regression line equation, 63,444 + 0,149 X; and (3) there was no strong contribution from the knowledge to the attitudes shown by the coefficient of determination, which was 5%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi dan arah hubungan antarvariabel, serta kontribusi pengetahuan tentang ekosistem dan perubahan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan. Desain penelitian ini adalah desain korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung sejumlah 85 siswa yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Data pengetahuan diambil dengan menggunakan tes pilihan jamak, sedangkan data sikap diambil dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap yang ditunjukkan dengan Sig. 0,032 < 0,05; (2) arah hubungan antara pengetahuan dengan sikap adalah positif yang ditunjukkan melalui persamaan garis regresi, 63,444 + 0,149 X; dan (3) tidak ada kontribusi yang kuat dari pengetahuan terhadap sikap yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi, yaitu sebesar 5%.
Kata kunci: pengetahuan, ekosistem, perubahan lingkungan, sikap peduli lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Ahmalia, D., Suhardi, E., dan Hidayat, N. 2012. Hubungan Antara Pengetahuan Pencemaran dengan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan di (Sekolah Menengah Kejuruan) SMK Pelita dan SMK Madani. Jurnal Pendidikan. 30 (9): 1 11. (Online), (https://journal.un-pak.ac.id/, diakses 21 Agustus 2017).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, Basyir, D., dan Alfitri. 2015. Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Keles-tarian Ling-kungan. Jurnal Ilmu Lingkungan. 3 (1): 36 - 41. (Online), (https://ejournal.undip-.ac.id/index.php/ilmulingkungan/article/view/10544, diakses 20 Agustus 2017).
Azwar, S. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Nasional Penanggulangan Ben-cana. 2013. Data dan Informasi Bencana Indonesia. (Online), (http://dibi.bnpb.go.id/DesInventar/results.jsp, diakses 20 April 2017).
Fitria, F. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap Siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh Terhadap Pe-manasan Global. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.
Frankel, J.P. & Wallen N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. (Online), (http://www.semesta-fisika.com/HOW%20TO%20DESIGN%20AND%20EVALUATE%20RESEARCH%20IN%20EDUCATION%20by%20Fraenkell-Wallen.pdf, diakses 24 Mei 2017).
Hamzah, S. 2013. Pendidikan Lingku-ngan. Bandung: Refika Editama.
Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ishak, A., Kinseng, R. A., Sunito, S., dan Damanhuri, D.S. 2017. Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit dan perlu-nya Perbaikan Kebijakan Penataan Ruang/Palm Oil Expansion and Requirement Spatial Planning Policy Improvement. Jurnal Perspektif Litbang. 16 (1): 14 - 23. (Online), (http://ejurnal.litbang-.pertanian.go.id, diakses 12 Desember 2017).
Kellstedt, P.M., Zahran, S., dan Vedlitz, A. 2008. Personal Efficacy, the Information Environment and Attitudes toward Global Warming and Climate Change in the United State. Journal for the Scientific Study. Analysis Risk. 28 (1): 26 - 113. (Online), (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18304110, diakses 11 November 2017).
Munawar dan Suarja, Z. A. 2014. Hubungan Antara Pengetahuan Alam dan Lingkungan Hidup (PLH) dengan Perilaku Siswa dalam Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMAN 15 Adidarma Banda Aceh. Serambi Santia. 2 (2): 134 142. (Online), (http://ojs.se-rambimekkah.ac.id/index.php/serambisaintia/article/view/96, diakses 10 Januari 2017).
Mustakim, B. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Ind-onesia Bermartabat. Yogya-karta: Samudra Biru.
Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karak-ter.Yogyakarta: Familia.
Nugroho, S.P. 2017. Lebih dari 2.726 Desa Kekeringan, Jutaan Ma-syarakat Terdampak di Jawa dan Nusa Tenggara. (Online), (https://www.bnpb.go.id, diakses 12 Desember 2017).
Permendikbud. 2017. Peraturan Mentri pendidikan dan Kebudayaan Re-publik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah.(Online), (http://psmk.-kemdikbud.go.id/, diakses 3 Desember 2017).
Riadi. 2012. Pembelajaran Aktif. (Online), (http://www.kajianpus-taka.com/2012/12/pembelajaran-aktif.html, diakses 12 Desember 2017).
Siregar, I. G., dan Quimbo, M. A. T. 2016. Promoting Early Environment Education: The Case of a Nature School in Indonesia. Journal of Nature Study. 15 (1): 70 86. (Online). (http://www.journalofnaturestudies.org, diakses 12 Desember 2017).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuan-titatif, Kualitatif, dan R&D). Jakarta: Rineke Cipta.
Surakusumah, W. 2010. Konsep Pendidikan Lingkungan di Sekolah: Model Uji Coba Sekolah Berwawasan Ling-kungan. (Online), (http://file.-upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/197212031999031WAHYU_SURAKUSUMAH/Konsep_Pendidikan_Lingkungan_Hidup.pdf, diakses 10 Januari 2017).
Surna, N.I., dan Panderiot, O.D. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Imple-mentasinya dalam Kuri-kulum Tingkat Satuan Pen-didikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Widyastuti, Y. 2014. Psikologi Sosial.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.