PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MENCATAT MIND MAP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ririn Widya Ningsih, Darlen Sikumbang, Rini Marpaung

Abstract


 In Biology learning especially in memorized material found a symptom of decreasing student’s activity and achievement. An alternative that can be used to increase student’s learning activity and achievement is using mind map technique. This research aims to know influence using mind map technique towards student’s learning activity and achievement. The design was pretest posttest group non equivalent. Sample are students from X6 and X7 which selected by cluster random purposive sampling. Quantitative data from the average of pretest and posttest scores which analyzed with Mann-Whitney U test and t-test. Qualitative data are student’s learning activity and responses about using the mind map technique which descriptively analyzed. Result of this study shown that the mind map technique can increase the student’s learning activity. Using it had not significant effect on student’s achievement. Almost of students also give positive responses to use mind map technique.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mencatat Mind Map terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X6 dan X7 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji-t. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan teknik mencatat Mind Map yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik mencatat Mind Map meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penggunaan teknik mencatat Mind Map tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan teknik mencatat Mind Map dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Protista.

 

Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar siswa, protista, teknik mencatat Mind Map.


Full Text:

PDF

References


Aji, P. 2008. Usaha Meningkatkan Keberanian Siswaa Mengerjakan Soal=soal Latihan di Depan Kelas Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division). Diakses dari http://etd.eprints.ums.ac.id/2169/1/A410040176.pdf pada Rabu, 10 April 2013 7:59 p.m

As’ari, A. 2003. Pembelajaran Cooperative Learning. Makalah. Jakarta.

Asriyanti. 2008. Pengaruh Media Visual Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP N 13 Makassar. http://pondokskripsi.wordpress.com/2009/12/21/pengaruh-media-visual-dalam-pembelajaran-kooperatif-tipe-number-heads-together-nht-terhadap-hasil-belajar-biologi-siswa-kelas/ pada Selasa, 12 Februari 2013 14:00 a.m.

Buzan, T. 2012. Buku Pintar Mind Map. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Hartoyo. 2008. Meningkatkan Aktivitas dan Kualitas Belajar Materi Protista Melalui Praktikum dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar di SMA Al Hikmah Karanggede. Diakses dari http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:accvPTM27I0J:uap.unnes.ac.id/data/skripsi/abstrak/doc/meningkatkan_hasil_dan_kualita_4401405546.doc+&hl=en pada Rabu, 27 Maret 2013 9.17 a.m.

Imaduddin, M.C. dan Utomo. 2012. Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/1024/677 pada Selasa, 23 April 2013 6.35 a.m.

Kamal, S. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teknik Meringkas Catatan Menggunakan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Kecakapan Sosial Mahasiswa. (Skripsi). Universitas Negeri Medan. Medan.

Kurniawati, D. 2010. Pengaruh Metode Mind Map dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Mahmuddin. 2009. Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (Mind map). Diakses dari http://mahmuddin.wordpress.com/2009/12/01/pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/ pada Selasa, 13 Mei 2013 6.47 a.m.

Permatasari, N. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Maket dengan Metode Discovery Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Ekosistem. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Rahmi, A. 2010. Pengaruh Siswa Bertanya dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas. Diakses dari http://aidacho2.wordpress.com/2010/10/11/pengaruh-siswa-bertanya-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-di-kelas/ pada Rabu, 10 April 2013 8:05 p.m.

Rani, T. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw terhadap Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Pokok Peranan Manusia dalam Keseimbangan Ekosistem. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Slameto. 2003 . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Penerbit Nusa Media. Bandung.

Wicaksana, R. B. 2011. Penerapan Pembelajaran IPA dengan Strategi Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 3 Madiun. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/365/37/article.pdf pada Selasa, 23 April 2013 7.08 a.m.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.