Profil Siswa Terhadap Penguasaan Materi IPA Berdasarkan TesSoalTIMSS

Windri Yati, Arwin Achmad, Berti Yolida

Abstract


This study aims to determine the mastery of science material based on TIMSS test and internal factors in the form of learning motivation, learning habits, and students ability in answering question, and external factors that are parents education background. The sample in this reaserch was obtained from purposive sampling technique. The number of samples in this study were 105 students. Data collection techniques in this reaserch are TIMSS test, questionnaire, and interview of science subject teachers. The data analysis technique used to calculate the percentage that was interpreted into several category. The result indicates the student has enough categorize with the average (47,40). The external factors of the fathers educational background are categorized enough, and the internal factors of student learning habit are enough (52,71), the motivation to learn sience students categorized enough (60,10), and the abiity of students in answering the problem categorized enough (51,21)

Tujuan penelitian untuk mengetahui penguasaan materi IPA berdasarkan tes soal TIMSS dan faktor internal berupa motivasi belajarIPA, kebiasaan belajar, dan kemampuan siswa dalam menjawab soal, serta faktor eksternal yaitu latar belakang pendidikan orang tua. Sampel yang digunakan berjumlah 105 siswa dipilih dengan purposive sampling. Data diperoleh dari tes soal TIMSS, angket, dan wawancara Guru matapelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung persentase yang diinterpretasikan kedalam tabel kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes soal TIMSS siswa berkategori cukupdengan rata-rata (47, 40). Faktor ekternal latar belakang pendidikan ayah yaitu berkategoricukup, dan faktor internal kebiasaan belajar siswa berkategori cukup (52,71), motivasi belajar IPA siswa berkategori cukup (60,10), dan kemampuan siswa dalam menjawab soal berkategori cukup (51,21).

Kata kunci : faktor eksternal, faktor internal, IPA,TIMSS


Full Text:

PDF

References


Anderson, H. M. 2003. Dales Cone of Experience. University of Kentucky. Kentucky, United States. (Online), (http//www.etsu.edu/uget/etse1000/documents/Dales_Cone_of_Experience.pdf),diaksespada 15 Agustus 2016 pukul 21.00 WIB.

Akbar, M. 2014. Profil kemampuan siswa dalam membuat hipotesis melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Bandar Lampung: UNILA.

Arikunto, S. 2013. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsono, B. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Cer-amah Konvensional dengan Ceramah Berbantu Media Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. (Online), (http://jurnal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/viewfile/202/210),di-akses pada 12 Agustus 2016 pukul 21.15 WIB.

Inayah, R. 2012. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelah XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. (On-line), (http//jurnal.fkip.uns.co.id/index.php/s2ekonomi/article/viewfile/1899/140),diakses pada 15 Agustus 2016 pukul 21.35 WIB.

Istiqomah. L. 2009. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara Tahun ajaran 2008/2009.(Online), (http://lib.un nes. ac.id/2263/1 /6462.pdf),diaksespada 23 Juni 2016.

Kemdikbud. 2011. Survey Internasional TIMSS. Kementrian Pendidik-an dan Kebudayaan. (Online), (http://litbang.kemdikbud. go. Id/index.php/timss),diakses pada Desember 2015 pukul 22.50 WIB.

Permendikbud. 2013. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.(Online), (http:// sindiker.dikti.go.id/dok/PP/PP322013PerubahanPP19-2005SNP.pdf),diaksespada 23 Februari 2016.

Reskia, S. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. UniversitasTadulako.(Online), (http//:jurnal.Untad.ac.id/jurnal/index. Php /ES), diakses pada 04 23 Juni 2016.

Salasiyah. C. I. 2013. Analisis Tingkat Kemampuan Kognitif Mahasiswa Matematika Pada Mata kuliah Aljabar Elementer. (Online),(http://islamicstu diesj ournal.com),diakses pada 22 Juni 2016.

Sardiman. A. M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagfindo Persada.

Sari. D. P dan Rahardi. R. 2010. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Sisiwa Kelas IX Pada Pokok Bahasan Turunan Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tur-namen (TGT). (Online), (http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel3AE82C0B256A1626C9090621099E4F72.pdf), diakses pada 10 Juni 2016.

Septiana. R. 2014. Hubungan Antara Minat Belajar dan Motivasi Bajar Dengan Hasil Belajar Biologi. (Online), (http://jur nal.fkip.unila.ac.id),diakses pada 13 Mei 2016.

Setyowati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar TerhadapHasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Semarang. (Online), (http://lib.unnes.ac.id/1088/1/2668.pdf), diakses pada 10 Juni 2016.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Subekti, H. 2014. Profil Kompetensi Siswa SMP di Jawa Timut Dalam Menyelesaikan Tes Berpikir Tingkat Tinggi Pembelajaran Sains.Universitas Negeri Surabaya. (Online), (http%3A%2F%2Fejournal.ikippgrimadiun.ac.id%2Findex.php%2FJF%2Farticle%2Fdownload%2F459%2F278&usg=AFQjCNEEMdDbPr7uo36CCfSCmX56t38Vkg&bvm=bv.113370389,d.c2E),diaksespada 26 Desember 2015.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

TIMSS. 2011. Assessment Frameworks. Chestnut Hill, MA, USA: TIMSS & PIRLS International Study Center. (Online), (http://timssandpirls.bc.edu/timss2011down loads/TIMSS2011_Frameworks.pdf), diaksespada 25 Desember 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.