PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Requistiawati Requistiawati, Tri Jalmo, Berti Yolida

Abstract


The purpose of this study was to describe the students questioning skill and quality of male and female students question based on Bloom's taxonomy revision. This study design using simple descriptive design. The samples were selected by simple random sampling technique that were class VII-1, VII-2, VII-3, VIII-1, VIII-3 and VIII-4 junior high school. The data in were qualitative data that were the questioning skill and quality of male and female students question. The accumulation data technique used observation and questionnaire. The data were obtained from percentage with descriptive analysis. The results of this study indicate that the questioning skill of students classified in "medium" category with a percentage of 53.59%. In addition, male students was 12.32% more often asking question than female students with low-level cognitive question that was 28.46%, was dominant by level question C2 that was 16.87%.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan siswa laki-laki dan siswa perempuan berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Desain penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling yaitu siswa kelas VII-1, VII-2, VII-3, VIII-1, VIII-3, dan VIII-4 SMP. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan siswa laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data yang telah diperoleh dihitung dalam bentuk persentase dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa tergolong sedang dengan persentase sebesar 53,59%. Selain itu, siswa laki-laki diketahui 12,32% lebih banyak bertanya dibandingkan siswa perempuan dengan kualitas pertanyaan tergolong dalam pertanyaan kognitif tingkat rendah sebesar 28,46% yang didominansi oleh pertanyaan C2 sebanyak 16,87%.

Kata kunci: gender, keterampilan bertanya, kualitas pertanyaan, taksonomi Bloom


Full Text:

PDF

References


Bastable. 2012. Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: EGC.

Charliyan, A. 2014. Etika Bertanya di Ruang Diskusi. (Online), (http://antoncharliyanetika.blogspot.com. diakses 2 Januari 2017).

Djamarah, S., dan Zain, A. 2008. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdan. 2010. Keterampilan Bertanya. (Online), (http://liputanedukasi.wordpress.com, diakses 13 Maret 2016).

Hanifah, H. 2014. Hubungan Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik. 3 (1): 1-12. (Online). (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/, diakses 14 Desember 2015).

Husen. 2013. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kemampuan Bertanya pada Mata Pelajaran Geografi Topik Hidrosfer. KIM Fakultas Matematika dan IPA. 1 (1): 1-14. (Online). (http://kim.ung.ac.id/, diakses 7 April 2016).

Iswindarti, P. 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Lampiran IV. (Online), (http://gtk.kemendikbud.go.id, diakses 29 Januari 2016).

Khusniati. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2): 204-210. (Online), (http://journal.unnes ac.id/index.php/jpii/, diakses 13 Maret 2016).

Mursiti, Sri. 2007. Pembelajaran Dengan Penyajian Peta Konsep Sebagai Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Biosintesis Alkaloid Pada Mata Kuliah Kimia Organik Bahan Alam Di FMIPA Universitas Negeri Malang. Jurnal Pembelajaran Kimia. 4 (2): 1-11. (Online). (http://www.e-journal.um.ac.id/, diakses 10 Januari 2016).

Olivera, T. 2012. Kemampuan Bertanya Siswa. (Online), (http://ainamulyana.blogspot.co.id, diakses 26 Juli 2016).

Olivera, T. 2015. Metode Tanya Jawab dan Prinsip Penerapannya. (Online), (http://ainamulyana.blogspot.co.id, diakses 2 Januari 2017).

Rahmawati, I., D. 2013. Peningkatan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell. Skripsi. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/, diakses 30 Januari 2016).

Rizkianingsih, Sukisno, M., dan Susilo. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya Kelas VIII MTs. Unnes Physics Education Journal. 2 (3): 1-7. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/, diakses 12 Februari 2016).

Royani, M, dan Muslim, B. 2014. Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1): 22-28. (Online), (http://ppjp.unlam.ac.id/, diakses 30 Januari 2016).

Sudjana. 2007. Metode Statistika Edisi Ke-6. Bandung. Tarsito.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Utami, H. R., Widodo, A., dan Rochintaniawati, D. 2015. Profil Pola Interaksi Antara Guru dan Siswa SMP dalam Pembelajaran Biologi Pada Konsep Ekosistem. Unnes Journal of Biology Education. 4 (1): 111-123. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe, diakses 25 Agustus 2016).

Yuliani. 2014. Analisis Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan Gender dan Taksonomi Bloom. Jurnal Bioterdidik. 3 (1): 1-10. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/, diakses 14 Desember 2015).

Zamzani. 2011. Pengembangan Alat Ukur Kesantunan Dalam Interaksi Sosial Formal Bersemuka. LITERA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 10 (1): 1-16. (Online). (http://journal.uny.ac.id/, diakses 3 April 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.