PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Indri Puspita, Tri Jalmo, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aims were determine the profile and pattern of students cooperation ability in Science Learning on IV grade and V grade studebts. The subject in this research were 56 students from IV and V grade that were selected by using saturated sampling techniqui. The qualitative data were descriptions of the abilities and pattern of students cooperation that were obtained from students questionnaire and observation sheets that calculated the percentages and interpreted into criterias. The results showed that generaly the students cooperation ability in science learning was "high" criteria with a percentage of 70%, which the highest aspects of cooperation ability was "discipline". While the cooperation pattern performed by students were spontaneous, contracts, and traditional. The most dominan cooperation pattern was contract cooperation that was performed by four groups.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan pola kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dan kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan kelas V yang berjumlah 56 siswa dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan dan pola kerjasama siswa yang diperoleh dari angket dan lembar observasi dengan menghitung persentase dan diinterpretasikan kedalam kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA termasuk dalam kriteria tinggi dengan persentase 70%, dimana aspek kemampuan kerjasama yang tertinggi yaitu disiplin. Pola kerjasama yang terbentuk pada siswa yaitu spontan, langsung, kontrak, dan tradisional. Pola kerjasama yang paling dominan yaitu pola kerjasama kontrak yang dilakukan oleh empat kelompok.


Kata kunci: kemampuan kerjasama, pembelajaran IPA, pola kerjasama


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2013. Prosedur dan Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Anggrowati, P. 2015. Pelaksanaan Gotong Royong Di Era Global (Studi Kasus Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan). Vol. 01. No. 03. Hal. 39-53. (Online), (http://pelaksanaan-gotong-royong-di-era-global/2015, diakses 14 Januari 2016; Pukul 20.45 WIB).

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ihsan, F. 2014. Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Peserta Diklat Melalui Pembelajaran Kolaboratif. (Online)(http://bkddiklat.ntbprov.go.id/wpcontent/uploads/2014/09/Meningkatkan-Keterampilan-Kerjasama-Peserta-Diklat-Melalui-Pembelajaran-Kolaboratif.pdf, diakses 31 Januari 2016; Pukul 19.24 WIB).

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Lie, A. 2007. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta.PT: Grasindo.

Mukminan. 2014. Seminar Nasional. Tekhnologi Pendidikan 2014 Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Tekhnologi Pendidikan. Makalah. (Online),(http://staff.uny.ac.id/sites/defaul/files/penelitian/dr-mukminan/ba-28-mkltp unnesa-tantangan-pddk-di-abad-21.pdf, diakses tanggal 14 November 2015 ; 20.00 WIB).

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Reny Fitriani, 2016. Jadi Korban Bullying, Bocah SD Ini Bonyok Dikeroyok 10 Siswa SD Lain. (Online),(http://lampung.tribunnews.com/2015/11/09/jadikorban-bullying-bocah-sd-inibonyok-dikeroyok-10-siswa-sd-lain, diakses 23 Maret 2016; 19.45 WIB).

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rufina, M, dan Nurhadi. 2012. Hubungan Internalisasi Nilai Kerjasama dengan Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Dasar. FKIP Untan.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: Indeks.

Soekanto, Soejono. 1990. Sosiologi Suatu pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudaryono, Margono, dan Rahayu. 2013. Pengembangana instrument penelitian pendidi-kan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suliana, 2014. Kemampuan Kerjasama Siswa Menggunakan Metode Diskusi Dengan Media Gambar. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suryosubroto. 2004. Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik



View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.