PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA SDN 1 RAJABASA JAYA DALAM PEMBELAJARAN IPA
Abstract
The research purpose was to describes of cooperative ability and cooperative pattern of students on IV and V grade in Elementary School 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. This research used simple descriptive design. The samples were all students on IV and V grade which were 50 students that was selected using saturated sampling technique. Qualitative data were cooperative ability and cooperative pattern students that were obtained from observation sheets, students and teacher questionnaire, and teachers interview, this data was then analyzed descriptively. The result showed that overall cooperative ability of students in science learning was high criteria with percentage 61%. The aspects of on the task was the highest that was 68 %. Cooperative pattern there are two cooperative patterns formed, cooperative suplementer and cooperative different. The most dominant cooperative pattern was cooperative suplementer.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa kelas IV dan V SD Negeri 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. Desain penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dan V berjumlah 50 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data kualitatif berupa kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa yang diperoleh dari lembar observasi, kuesioner siswa dan guru, serta wawancara guru, data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA berkriteria tinggi dengan persentase 61%. Aspek berada dalam tugas merupakan aspek dengan persentase tertinggi, yaitu 68%. Terdapat dua pola kerjasama yang terbentuk yaitu pola kerjasama suplementer dan pola kerjasama berbeda. Pola kerjasama paling dominan adalah kerjasama suplementer.
Kata kunci: kemampuan kerjasama, pembelajaran IPA, pola kerjasamaFull Text:
PDFReferences
Adistyasari, R. 2013. Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Kerja-sama Anak Dalam Bermain Angin Puyuh. Universitas Ne-geri Semarang. Skripsi. (On-line), (http://lib.unnes.ac.id, di-akses pada 23 November 2015; 20.44 WIB).
Ajaja, O. P., dan Eravwoke, O. U. 2010. Effect of Cooperative Learning Strategy on Junior Secondary School Student Achievement In Integrated Science. Vol. 14, No. 1: 14. Electronic Journal of Science Education. (Online), (http://ejse. southwestern.edu/article/viewFile/7323/5617, diakses pada 29 Januari 2016; 14.14 WIB).
Ali, M. 2013. Prosedur dan Strategi Penelitian Pendidikan. Ban-dung: Angkasa.
Aziza, K, S. 2015. Berawal dari Ejekan, Perkelahian Siswa Kelas 2 SD Itu Berujung Kema-tian. (Online), (http://megapo-litan.kompas.com, diakses pada 11 Maret 2015; 18.50 WIB).
Barkley., K. Patricia., dan Claire. 2014. Collaborative Learning Techniques (Teknik-Teknik Pem -belajaran Kolaboratif). Bandu-
ng: Nusa Media.
CN32. 2012. Ikut Tawuran, Siswa SD Dipolisikan. (Online), (http:// www.suaramerdeka.com, diak-ses pada 11 Maret 2015: 18.45 WIB).
Funali, M. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelaja-ran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SDN I Si-boang. Jurnal Kreatif Taduloko Vol. 4 No. 1: 57. (Online), (http: //jurnal.untad.ac.id, diakses pa-da 23 November 2015; 08.00 WIB)
Ihsan, F. 2013. Meningkatkan Kete-rampilan Kerjasama Peserta Diklat Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Vol. 1 No.: 1. BKB Diklat. (Online), (http://bkbddik lat.ntbprov.go.id/wpcontent/uploads/2014/09/, diakses pada 26 Januari 2016; 20.10 WIB).
Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SD/MI. (Online), (http://kemendikbud. go.id/kemendikbud/dokumen/Paparan%20Wamendik.pdf, diak-ses pada 12 Maret 2015; 10.00 WIB).
Maas, L. T. 2004. Peranan Dinamika Kelompok Dalam Meningkat-kan Efektifitas Kerja Tim. Artikel. (Online), (http:// library.usu.id/download/fkm/fkm, diakses pada 27 Juni 2016; 18.19 WIB).
Margono, G., Sudaryono., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Ins-trumen Penelitian Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.
Margono, S. 2010. Metodologi Pene-litian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mukminan. 2014. Tantangan Pendidi-kan di Abad 21. Makalah. (Online), (http://staff. uny.ac.id, diakses 11 pada November 2015; 13.00 WIB).
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Pe-nelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembe-lajaran. PT. Rajagrafindo Jakarta: Persada.
Saputra, Yudha. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Totten, S., Sills, T., Digby, A., dan Russ, P. 1991. Cooperative learning: A guide to research. New York: Garland.
Utomo, B. T. 2011. Penerapan Pembe-lajaran Kolaboratif dengan Assesmen teman Sejawat Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Vol. 1, No.1: 53-55. (Online), (http:// (jurnaljp3.files.wordpress.com, diakses pada 15 Oktober 2015; 19.00 WIB).
Widhy, H. P. 2013. Integrative Science untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam Pembelajaran IPA SMP. Artikel. (Online), (http://
www.staff.uny.ac.id diakses pa-da 23 November 2015; 14.00 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bioterdidik
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.