KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK)

Resca Yuliana, Ari Sofia, Annisa Yulistia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di TK se-Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel diambil dengan menggunakan total sampling berjumlah 63 guru TK di Kecamatan Balik Bukit. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuisioner. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata guru telah memiliki kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di TK terlihat dari data yang diperoleh menunjukkan persentase kinerja guru TK di Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat berada pada skor rata-rata yaitu 65%, yang artinya guru memiliki kinerja guru yang tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran dilihat pada dimensi kualitas kerja (59%), inisiatif dalam kerja (60%), kemampuan kerja (59%) dan komunikasi (65%), semantara untuk dimensi kecepatan dan ketepatan kerja berada pada kategori sedang (46%).

Kata kunci: kinerja guru, pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.