Pemahaman Pendidik Dalam implementasi Saintifik Pada Anak Usia Dini

Rizki Megawati, Lina Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru PAUD tentang metodologi pembelajaran saintifik. Guru PAUD dari 5 lembaga berbeda di Indramayu, Jawa Barat, menjadi sampel penelitian. Sampling acak digunakan sebagai metode sampel. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metodologi survei. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan informasi. Metode statistik untuk analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Kemampuan mencirikan pendekatan saintifik dalam perencanaan pembelajaran dan kemampuan menjelaskan pendekatan saintifik merupakan indikator pemahaman. Temuan menunjukkan bahwa 60% keterampilan penjelasan guru dan 40% keterampilan mendeskripsikan menunjukkan pemahaman mereka tentang pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru PAUD memiliki tingkat pemahaman yang rendah terhadap pendekatan saintifik dalam pembelajaran, sehingga diperlukan kemampuan dan kemauan guru untuk terus belajar guna menambah pengetahuannya, yang akan memungkinkan guru menerapkan pendekatan saintifik yang sesuai. dengan prinsip pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dan prinsip pembelajaran anak usia dini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.