Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak

Annisaa Nurul Maulida, Sasmiati Sasmiati, Devi Nawangsasi

Abstract


Abstract : The Use of Learning Media on Logical Thinking Ability in Children. This research was motivated by the number of 5-6 years early children who have difficulty in logical thinking. This research aims to determine the effect of using media with the ability to think logically. This research is a quantitative study that is Pre-Experimental Design with the type of One Group Pretest-Posttest. The population in the study were 30 children, while the sample technique used was Total Sampling with a sample of 30 children. The data collected by using observation and documentation, while the data analysis technique uses table analysis and hypothesis test analysis with the Simple Regression formula. The results showed that there is a positive influence between the use of media with the ability to think logically this means that the use of media in learning can stimulate children's development in terms of logical thinking.

 

Keywords : early childhood, logical thinking, media usage

 

Abstrak : Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak usia dini 5-6 tahun yang kesulitan dalam berpikir logis. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media dengan kemampuan berpikir logis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat Pre-Experimental Design dengan jenis One Grup Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian sebanyak 30 anak, sedangkan teknik sampel yang digunakan yaitu Total Sampling dengan sampel sebanyak 30 anak. Teknik pengumplan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknin data analisis menggunakan analisis tabel dan analisis uji hipotesis dengan rumus Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara penggunaan media dengan kemampuan berpikir logisini berarti bahwa penggunaan media dalam pembelajaran dapat menstimulasi perkembangan anak dalam hal berpikir logis.

 

Kata Kunci: anak usia dini, berpikir simbolik, penggunaan media


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Hadi, Sutrisno.2006. Statistik jilid 2. Yogyakarta, Universitas Negeri Malang.

Hanifah, Trisna. 2014. Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik.Jurnal Early Childhood Education Papers. (Online). 3: 1-7.

Jamaris, 2006, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TamanKanak – kanak. Jakarta, Gramedia Widiasama Indonesia.

Kurniasari, Intan. 2018. Hubungan Penggunaan Media Alam Sekitar DenganKemampuan Berfikir Logis Anak Kelompok B Di TK Kartika II-27 BandarLampung. (Skripsi). Bandar Lampung, Universitas Lampung.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Santrock., John W. 2007. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta, PT.Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.