Pengaruh Pendekatan Beyond Centers dan Circle Time (BCCT) terhadap Kemampuan Sosial pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Hidayah Pesawaran

Uswatun Hasanah, Rochmiyati Rochmiyati, Riswandi Riswandi

Abstract


The problem in this study is the low social ability of children. This study aims to determine the effect of Beyond Centers and Circle Time (BCCT) approach to social ability in children. The research method used a research type pre-experimental design model one-shot case study. Technique of collecting data using observation technique. The research instrument used  an observation sheet in the form of assessment rubric. Data analysis technique using simple linear regression test. The result of linear regression test shows that there is influence of Beyond Centers and Circle Time (BCCT) approach to social ability in children aged 4-5 years in Nurul Hidayah Pesawaran kindergarten.

Masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan untuk berinteraksi sosial pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) terhadap kemampuan sosial pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pre-experimental design model one–shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) terhadap kemampuan sosial pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Hidayah Pesawaran.

 

Kata Kunci: anak usia dini, kemampuan sosial, beyond centers and circle time



Full Text:

PDF

References


Aulina, C. N. (2015). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Paud Teratai, 2:1-13.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Endarwati, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Tradisional Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah 1 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2014. Jurnal Pendidikan, 3:1-12.

Haenilah, E. Y. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Herrhyanto, N. (2008). Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Indriati, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) untuk Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Siswa Kelompok A Paud Terpadu Nurul Dzikri. Jurnal Paud Teratai, 1:1-10.

Latif, M. dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia N0.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Eka Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.