Pengaruh Bermain Bisik Berantai Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Rizky Anggariantho Oliviera, Een Yayah Haenilah, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The problem in this study is the development of children’s language that is not as expected. This study aims to determine the effects of playing chain whispers on language development of children age 5-6 years. This research is a quantitative study with an experimental approach. The population in this study was all early childhood aged 5-6 years in Al Huda Kindergarten as many as 30 children. By Considering the population of 30 children, all members of the population are sampled at the same time. Data collection is done by using observation and documentation, while data analysis is done using simple linear regression to determine the effect of serial whisper play on children's language development. The results showed that there was an effect of serial whisper play on language development of children aged 5-6 years. This shows that playing serial whispers can help stimulate language development in early childhood.

Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain bisik berantai terhadap perkembangan bahasa pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan  eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini yang berusia 5-6 tahun di TK Al Huda sebanyak 30 anak. Mengingat populasi berjumlah 30 anak maka semua anggota populasi sekaligus dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh bermain bisik berantai terhadap perkembangan ahasa anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh  bermain bisik berantai terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa bermain bisik berantai dapat membantu menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini.

Kata kunci: bisik berantai, pengaruh, perkembangan bahasa


Kata kunci: bisik berantai, pengaruh, perkembangan bahasa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, S. (2013). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Tedjasaputra. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Zaman, B. Dkk. (2009). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.