Pembelajaran Ekonomi Abad 21: Pengukuran Literasi Ekonomi Siswa Aspek Pengetahuan dan Sikap

Iis Aisyah, Astri Srigustini

Abstract


Salah satu kemampuan inti literasi dalam pembelajaran adalah literasi ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan literasi ekonomi baik dari segi pengetahuan maupun sikap. Partisipan dalam penelitian ini adalah 94 siswa kelas XI SMA se-Kota Tasikmalaya yang dipilih secara acak (random sampling). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Tes literasi ekonomi terdiri dari 44 pertanyaan mikroekonomi dan makroekonomi yang menilai pengetahuan dan sikap di beberapa bidang. Hasil temuan mengungkapkan bahwa siswa SMA di Kota Tasikmalaya memiliki tingkat literasi ekonomi sedang. Literasi ekonomi siswa rendah baik dari segi pengetahuan maupun sikap. Dari 20 indikator terdapat 3 indikator yang berada pada kategori rendah yaitu konsep pasar, perilaku konsumen dan kewirausahaan.

Kata kunci: Literasi ekonomi, pembelajaran abad 21.

http://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i2.265-274


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Revitalisasi penilaian pembelajaran.pdf (Nurul Falah Atif (ed.)). Reflika Aditama.

Bayu permata, Hari Wahyono, dan C. W. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita untuk menanamkan literasi ekonomi pada siswa sekolah dasar kabupaten situbondo. Ncee 2016, 1(ISBN: 978-602-17225-5-8), 55–67.

Bristol, K., & Tripp, G. (2003). USING AN ACADEMIC TRADING ROOM.

Christelis, D., Jappelli, T., & Padula, M. (2010). Cognitive abilities and portfolio choice. European Economic Review, 54(1), 18–38. https://doi.org/10.1016/j.euroecorev.2009.04.001

Creswell, John (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto, S. K. (2017). Pembelajaran abad 21.pdf. Penerbit Gava Media.

Esther Care, Patrick Griffin, M. W. (2018). Asesment and teaching.pdf. Springer.

Gerek, S., & Kurt, A. A. (2011). Economic Literacy of University Students: A Sample from Anadolu University. SSRN Electronic Journal, 1–32. https://doi.org/10.2139/ssrn.1137610

Grimes, P. W. M. J. M. M. K. T. (2016). TESTING THE ECONOMIC LITERACY OF K-12 TEACHERS. July, 1–23.

Hamdi, Asep Saepul. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Jappelli, T. (2009). Economic Literacy : An International Comparison. Working Paper No. 238. Royal Economic Society, 120(October), 429–451. http://www.jstor.org.ezproxy.library.wisc.edu/stable/30186800

Koshal, R. K., Gupta, A. K., Goyal, A., & Navin Choudhary, V. (2008). Assessing Economic Literacy of Indian MBA Students. American Journal of Business, 23(2), 43–52. https://doi.org/10.1108/19355181200800009

Kotte, D., & Witt, R. (1995). Chance and Challenge : Assessing Economic Literacy. Reflection on Educational Achievement: Papers in Honor of T. Neville Postlethwaite, 159–168.

Linton, T. (n.d.). Combatting Economic. 363–365.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Melina, A., & Wulandari, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Scientific Journals of Economic Education, 2(1), 143.

Saepuloh, D., & Aisyah, I. (2020). Pengaruh Online Shop Terhadap Literasi Ekonomi Siswa Sma Berdasarkan Demografi. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 94–101. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.329

Sang-Hoon, Lee, S.-K. P. (2020). An Analysis of Research on Economic Attitude and Economic Literacy of College Students: Focusing on College Students in Gyeonggi Province. Journal of Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 21(11), 301–308. https://doi.org/10.5762/KAIS.2020.21.11.301

Schuhmann, P. W., Mcgoldrick, K., Burrus, R. T., Schuhmann, P. W., Mcgoldrick, K., & Burrus, R. T. (2016). All use subject to JSTOR Terms and Conditions STUDENT QUANTITATIVE LITERACY : IMPORTANCE , MEASUREMENT , AND CORRELATION WITH ECONOMIC LITERACY. 49(1), 49–65.

Shephard, D. D., Kaneza, Y. V., & Moclair, P. (2017). What curriculum? Which methods? A cluster randomized controlled trial of social and financial education in Rwanda. Children and Youth Services Review, 82, 310–320. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.09.011

Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.21831/economia.v8i2.1223

Volpe, H. C. and R. P. (1998). An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. FINANCIAL SERVICES REVIEW, 7(2). https://doi.org/10.3788/CJL201643.0811001

Yasmin, F., Kouser, R., e Hassan, I., & Ahmad, W. (2014). Determinants of economic literacy at university level: A case of Pakistan. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences (PJCSS), 8(3), 914–924.

Zubaidah, S. (2016). SitiZubaidah-STKIPSintang-10Des2016. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1–17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY 4.0.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145