Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Kelompok Paguyuban Amreh Mulyo

Yunita Khusnul Nafi'ah, Moch Wahyu Widodo

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi mengenai Strategi bisnis pada UMKM  keripik tempe Semoga Jaya yang masih belum maksimal. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana model bisnis dan penyesuaian model bisnis pada UMKM tersebut menggunakan metode kualitatif deskripitif .Model bisnis yang digunakan UMKM keripik tempe Semoga Jaya menggunakan BMC. BMC yang ada di UMKM perlu adanya beberapa penyesuaian agar lebih maksimal. Pada Segmen pelanggan di UMKM perlu adanya perluasan pangsa pasar ke daerah karesidenan Kediri dengan mengunakan media toko online. Untuk Nilai proposisi perlu adanya inovasi pada kemasan serta penambahan dalam pemberian lebel halal. Dalam menjangkau pelanggannya membutuhkan adanya media sosial, toko online (e-comers) dan juga pusat oleh oleh pada daerah karesidenan kediri. Pada Customer Relationship perlu tambahan media sosial untuk memudahkan pelanggan dalam memesan, mendapatkan informasi tentang keripik tempe serta melakukan kompain atas produk. Untuk mendapatkan tambahan pendapatan pada UMKM dibutuhkan adanya inovasi variasi rasa pada keripik tempe.

 

Kata kunci: UMKM, Strategi bisnis, Model Bisnis, BMC

http://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i2.175-183


Full Text:

PDF

References


Elizabeth Cindy Tjitradi. (2015). Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas. Agora 3, 1(1), 8–16. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/2708

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554

Hermanto, A., Tayibnapis, A. Z., & Setyaningrum, I. (2016). Strategi Pengembangan Ukm Berbasis Inovasi Di Provinsi Jawa Timur: Periode 2010-2014. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 93–106. https://doi.org/10.24123/jeb.v20i2.1599

Hutamy, E. T., Marham, A., Quin, A. N., Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan, M., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Makassar, U. N., & Artikel, R. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 1–11.

Ida, H. (2021). Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (Bmc) Pada Jasa Zigzag Laserwork Semarang Jawa Tengah. Akrab Juara, 6(4), 152–167.

Osterwalder, A., And, & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. Elex Media Komputindo.

Osterwalder, A., And, & Pigneur, Y. (2014). Business Model Generation. Elex Media Komputindo.

Rainaldo, M., Wibawa, B. M., & Rahmawati, Y. (2017). Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa Online Ride-Sharing (Studi Kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 2–6. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.25277

Sultan, R., & Hasbi, I. (2018). Analisis Bisnis Model Kanvas pada Kadatuan Koffie Bandung. Manjemen Dan Bisnis (ALMANA), 2.

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2021). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. Mbia, 19(3), 320–330. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1177

Tim PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas. Pnerbit PPM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY 4.0.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145