Analisis Pengaruh Kehandalan dan Daya Tanggap Pegawai Tata Usaha SMK 2 GKPS Pematangsiantar Terhadap Kepuasan Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaahui kualitas pelayanan pegawai tata usaha di SMK 2 GKPS Pematangsiantar. Kualitas pelayanan adalah tindakan dari pihak penyedia jasa dalam membantu pihak konsumen dan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, sehingga karena adanya kualitas pelayanan ini memunginkan konsumen kembali lagi dan menjadi evaluasi dalam pelayanan tersebut. Pegawai tata usaha adalah orang yang memberikan tenaganya dan fikirannya kepada suatu lembaga dan merupakan faktor penting dalam keberlangsungan suatu organisasi atau lembaga terkhusus di sekolah. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan situasi ataupun kejadian yang terjadi seacara alamiah dan nyata yang terjadi di lingkungan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai tata usaha di SMK 2 GKPS Pematangsiantar dalam pelayanannya sudah dapat dikatakan berkualitas, karena mampu memenuhi harapan siswa atau konsumennya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara oleh penulis dengan sumber data dan hasil kuesioner yang di berikan kepada 65 siswa yang menunjukakan bahwa lebih banyak menyetujui bahwa pelayanan pegawai tata usaha di sekolah tersebut sudah bekerja secara optimal.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, pelayanan pegawai tata usaha.
Full Text:
PDFReferences
Afridi, S. A., Khattak, A., & Khan, A. (2016). Measurement of service quality gap in the selected private universities/institutes of Peshawar using SERVQUAL model. City University Research Journal, 6(1), 61-69
A.W. Widjaja. (2006). Administrasi Kepegawaian. Jakarta: Rajawali
Bell, K. (2021). Increasing undergraduate student satisfaction in Higher Education: the importance of relational pedagogy. Journal of Further and Higher Education, 1-14. doi:10.1080/0309877X.2021.1985980
Erlianti, D. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.7
Febriana, N. I. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasaan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.21274/an.2016.3.1.145-168
Gapp, R., & Fisher, R. (2006). Achieving excellence through innovative approaches to student involvement in course evaluation within the tertiary education sector. Quality assurance in education, 14(2), 156-166. doi:10.1108/09684880610662033
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gie, The Liang. (2007). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Gregory, J. L. (2019). Applying SERVQUAL. Journal of Applied Research in Higher Education, 11(4), 788-799. doi:10.1108/JARHE-12-2018-0268
Hasibuan S.P Malayu. (2018). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. In PT Bumi Aksara.
Kotler, Philip, & Armstrong, Gary. (2006). Kotler, Philips dan Gary Armstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. In Jurnal Administrasi Bisnis.
Mansori, S., Vaz, A. F., & Ismail, Z. (2014). Service quality, satisfaction and student loyalty in Malaysian private education. Asian Social Science, 10(7).
Mulyono, H., Hadian, A., Purba, N., & Pramono, R. (2020). Effect of service quality toward student satisfaction and loyalty in higher education. The Journal of Asian Finance, Economics, Business & Society, 7(10), 929-938
O’Neill, M. A., & Palmer, A. (2004). Importance‐performance analysis: a useful tool for directing continuous quality improvement in higher education. Quality assurance in education, 12(1), 39-52. doi:10.1108/09684880410517423
Paul, R., & Pradhan, S. (2019). Achieving Student Satisfaction and Student Loyalty in Higher Education: A Focus on Service Value Dimensions. Services Marketing Quarterly, 40(3), 245-268. doi:10.1080/15332969.2019.1630177
Pham, L., Limbu, Y. B., Bui, T. K., Nguyen, H. T., & Pham, H. T. (2019). Does e-learning service quality influence e-learning student satisfaction and loyalty? Evidence from Vietnam. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 7. doi:10.1186/s41239-019-0136-3
Rahareng, V. J., & Relawan, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasaan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom). AdBispreneur, 2(2). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13164
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2007). Manajemen Pelayanan. Manajamen Pelayanan Penanggulangan Kasus HIV-AIDS Di Kota Yogyakarta Gerry, 4, 7..
Robbins, Stephen P. &., & Judge, Timothy A. (2015). Perilaku Organisasi Edisi 16. In Jakarta: Salemba Empat.
Santini, F. d. O., Ladeira, W. J., Sampaio, C. H., & da Silva Costa, G. (2017). Student satisfaction in higher education: a meta-analytic study. Journal of Marketing for Higher Education, 27(1), 1-18. doi:10.1080/08841241.2017.131198
Santos, G., Marques, C. S., Justino, E., & Mendes, L. (2020). Understanding social responsibility’s influence on service quality and student satisfaction in higher education. Journal of Cleaner Production, 256, 120597. doi:https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120597
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. (2003). Metode Pene-litian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36–44.
Suryosubroto B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. In Manajemen Pendidikan di Sekolah.
Suwarno. (1985). Pengantar Umum Pendidikan. Surabaya: Aksara Baru.
Terry, George R. (2013). Office Management Control (Fourth Edi). Homewood Ilinois: Richard D. Irwin Inc.
Thomas, M., Adams, S., & Birchenough, A. (1996). Student Withdrawal from Higher Education. Educational Management & Administration, 24(2), 207-221. doi:10.1177/0263211X96242008
Tjiptono, Fandy dan Diana. (2007). Total Quality Management (TQM). Yogyakarta: Andi
Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. In Yogyakarta: Andi
Võ, V. V. (2021). The effect of service quality dimensions on student’s satisfaction and loyalty. ABAC Journal, 41(1), 81-99
Walther, E. S. (2000). The relationships between student satisfaction and student retention in higher education: The University of North Carolina at Greensboro.
Wiese, M. D. (1994). College Choice Cognitive Dissonance. Journal of Marketing for Higher Education, 5(1), 35-48. doi:10.1300/J050v05n01_04
Yeo, R. K. (2008). Brewing service quality in higher education. Quality assurance in education, 16(3), 266-286. doi:10.1108/09684880810886277.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a CC BY 4.0.
Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145