How Product Quality, Price and Service Quality Impact Customer Satisfaction? Case Study at Son Hajisony Meatball

Erlina Rufaidah

Abstract


Customer satisfaction is assessed after transaction or as a result of a comparison between what is felt and what is hoped. Customer satisfaction can thus be used to evaluate a company's future prospects based on how well or poorly it is currently performing. The effect of product quality, price, and service quality perspectives on customer satisfaction at Bakso Son Hajisony during the COVID-19 pandemic will be studied in this study. The results of the descriptive verification approach were examined using the ex post facto methodology and surveys in this study. 75 respondents were used to test the hypotheses using simple linear regression and multiple linear regression. Product quality, price and service quality all have significant effect on customer satisfaction according to the data.

Keywords: Customer Satisfaction, Meatball, Price, Product quality, Service quality

http://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i1.23-34 


Full Text:

PDF

References


Afdhalina. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe Haus Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jurnal ekonomi dan bisnis, Vol. 2, No. 1.

Assauri, S. 2012. Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value. Jakarta: Rajawali Pers.

Cannon, Perreault., dan McCarthy. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Ehsani, Z and Ehsani, M. H., 2015. Effect of Quality and Price on Customer Satisfaction and Commitment in Iran Auto Industry. International Journal of Sciences, Management and Engineering. No.1.Vol 5. pp.52-56

Faizah, Nadia R., Suryoko, Sri., dan Saryadi. 2013. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran O-Mamamia Steak And Ice Cream Cabang Jati Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Politic, Hal. 1-8.

Farah Diza, Silcyljeova Moniharapon, Imelda W. J Ogi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada PT. FIF Group Cabang Manado). Jurnal EMBA, Vol 4, No 1, pp. 109-119.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: Penerbit Medpress (anggota IKAPI).

Hilaliyah, Sari A., Djawahir, Achmad H., Dan Susilowati, C., 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Yang Di Moderasi Oleh Suasana Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Vol. 4 No.2, P 172-187.

Irawan. 2002. Faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran ( Pendekatan Praktis Edisi. Lamb, d al. 2001. Pemasaran ( Marketing). Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2010. Kepuasan Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas). Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Alih bahasa:Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I ed.12, Jakarta: Indeks.

Lenzun, Jessica J., Massie, James D.D., Adare, Decky. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA 1237 Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1237-1245.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, R & Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Majid, SA. 2009. Costumer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi.

Jakarta: Rajawali Pers.

Manus, Fanly W. and Bode Lumanauw. 2015. Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Tri di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat. Jurnal EMBA, Vol 3, No 2, pp. 695-705.

Maramis, F.S., Jantje L. Sepang, Agus S. Soegoto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA, Vol 6, No 3, pp 1658-1667.

Marbun, B.N. 2003. Kamus manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Maria, Monica and Mohamad Yusak Anshori. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Vol 6, No 1, pp 1-9.

Mimi SA and Natsir, K. (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Apartemen Mediterania Garden Residence di Jakarta Barat. Jurnal Muara: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Vol 2, No 1, pp 164-173.

Nela. 2012. Kualitas Produk. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Danu S. and Saryanti E. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bakso Dan Mie Ayam Pak Kumis Wonogiri. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Vol 6, No 1.

Oktarini, Riri. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek Di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Ilmu Sekretari/Administrasi Perkantoran. Vol. 6 No. 2.

Pontoh, M.B., Lotje Kawet Kawet, Willem A. Tumbuan. 2014. Kualitas Layanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Manado, Jurnal EMBA, Vol 2, No 3, pp. 285-295.

Rondonuwu, Priscilia D. 2013. Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, Vol 1, No 4, pp. 709-820.

Runtunuwu, Johanes. G, Sem Oroh dan Rita Taroreh. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, harga, dan Kualitas Pelayanancterhadapa Kepuasan Pengguna Café dan Resto Cabana Manado. Jurnal EMBA. Vol. 2 No. 3 pp. 1803-1813.

Russell R. S. and B. W. Taylor. 2009. Operations Management. Sixth Edition. Along the Supplay Chain.

Sasongko, F., & Subagio, D. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1 (2).

Schiffman, L. Kanuk, L. 2011. Consumer Behaviour. Pearson

Sembiring, Inka Janita. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pelanggan dalam membentuk Loyalitas pelanggan. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 12, No. 1.

Tjiptono. 2008. Strategi kepuasan Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Ofset

Umami, R., Rizal, A., dan Sumartik. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Café. Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi Volume 15, Nomor 2, Oktober 2019. Hal. 250-257.

Umar, Husein. 2002. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Edisi II. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa: desain Servqul, QFD, dan Kano: disertai contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Jakarta: PT Indeks

Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia.

Zeithaml, V. A., Bitner M.J dan Dwayne D. G. (2009). Services Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm (5th ed). New York: McGraw-Hill.

Zulaicha, S., and Irawati, Rusda. 2016. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, pp. 123-136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY 4.0.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145