Desain Modul Elektronik Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Teoritik Konsep Dasar Koperasi

Inanna Inanna, Rahmatullah Rahmatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik interaktif pada mata kuliah pengantar koperasi sehingga diharapkan dapat menjadi sumber belajar baru bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman teoritik terkait materi konsep dasar koperasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan analisis awal, identifikasi materi, pengembangan produk dan uji coba. Hasil penilaian ahli media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh skor 93,33%, Artinya bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan dan berada pada kategori sangat layak. Hasil tanggapan mahasiswa secara terbatas diperoleh skor 91,27 %, kategori sangat layak. Hasil perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I, sebesar 79,31 persen dan siklus II sebesar 92,23 persen. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam memahami materi konsep dasar koperasi dengan menggunakan modul elektronik interaktif dengan aplikasi canva. Dengan demikian modul elektronik yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring dan luring.

Kata Kunci: Konsep Dasar Koperasi , Modul Elektronik Interaktif

http://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i1.12-22


Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. (1997). Media instruksional edukatif. PT. Rineka Cipta.

Aprileny, L. H., Siswandi, & Harini. (2019). Pemnfaatan E-Module Interaktif sebagai Media Pembelajaran Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED

FKIP Unpas (2018). Buku Panduan PPL FKIP UNPAS. UPT PPL. Bandung: UNPAS

Imaningtyas, Citra Devi dkk. (2016). Penerapan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Mengurangi Miskonsepsi Pada Materi Ekologi Siswa X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015. BIOEDUKASI volume 9, nomor 1, hal 4-10. Surakarta.

Imansari, N., Sunaryantiningsih, I., (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahapeserta didik Pada Materi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 11-16.

Inanna., Dkk. 2021. Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktek. Penerbit Tahta Media Group.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–34.

Muhammad Hasan, Dkk. (2021). Landasan Pendidikan. Penerbit Tahta Media Group.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Rakhmawati, Rizki Bintari. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interatif Be Fun Chemist Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. UNNES.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Tenri, A. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 317-327.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Nurdiana, N. (2019). Ethnopedagogi dalam pembelajaran ekonomi. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 284–288.

Rahmatullah, dan Inanna. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.

Redy, K. W., Suharsono, N., Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 15 No. 2, 188

Rosmawati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas VIII. B SMP Negeri 33 Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 34–44.

Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. In Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Sunarya, N., & Muhtadi, A.(2018) Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 180-191.

Winatha, K. R., Suharsono, N., dan Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK Ti Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, Volume 8 Nomor 1.

Yulianti, Y. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi. Pinisi Business Administration Review, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY 4.0.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145