Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII BDP 1 Pada Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Di SMK Negeri 4 Bandar Lampung T.P 2019/2020

amelia vidyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan peserta didik melalui model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), (2) penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dapat meningkatkan hasil  belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Bandar Lampung dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII BDP 1. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya pada siklus kedua jenis kegiatan yang dilaksanakan  bersama guru mitra adalah memperbaiki rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar  observasi, dan catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dapat membuat peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, hal ini juga terlihat dari penilaian aktivitas peserta didik yang semakin meningkat dari siklus 1 hingga siklus 2, diakhir siklus 2 aktivitas belajar peserta didik mencapai 85%, (2) hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) menunjukkan kemajuan yang berarti, secara keseluruhan peserta didik yang telah mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 26 orang atau sekitar 89,66% dengan nilai rata-rata mencapai 80. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci : Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), Aktivitas belajar, Hasil belajar, Produk Kreatif dan Kewirausahaan

http://dx.doi.org/10.23960/E3J/v5i1.1-11


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY 4.0.

 

Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145