Penerapan Model Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Penataan Barang Dagangan pada Peserta Didik Kelas XII PM 1 di SMK Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatan keterampilan dan hasil belajar Penataan Barang Dagangan melalui penerapan model Direct Instruction. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Bandar Lampung dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII PM 1. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya pada siklus kedua jenis kegiatan yang dilaksanakan bersama guru mitra adalah memperbaiki rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, dan catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati keterampilan peserta didik dan kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penerapan model Direct Instruction dapat membuat peserta didik lebih terampil dalam , hal ini juga terlihat dari penilaian keterampilan peserta didik yang semakin meningkat dari siklus 1 hingga siklus 2, peserta didik yang terampil di akhir siklus 2 mencapai 100% untuk pencapaian klasikal sesuai dengan pembelajaran dengan nilai rata-rata keterampilan belajar mencapai 86. (2) hasil belajar melalui penerapan model Direct Instruction menunjukkan kemajuan yang berarti, secara keseluruhan peserta didik yang telah mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 29 orang atau sekitar 87,88%. Dengan demikian penerapan model Direct Instruction dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran Penataan Barang Dagangan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Hasil Belajar, Keterampilan, Model Direct Instruction, Penataan Barang Dagangan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a CC BY 4.0.
Economic Education and Entrepreneurship Journal
Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145