ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA MAHASISWA PBSI DAN IMPLIKASINYA

Murniati Murniati, Munaris Munaris, Farida Ariyani

Sari


This research aimed to explain the factor and forms ofcode mixingandcode switchingatDepartment of Language Education and Indonesian art and the implication of Indonesian study in SMA. This research used descriptive qualitative design. The data were taken by using listening technique of entangle to speak, free technique of entangle to speak, and tape recorder.The data analysis was using transcribing, choosing, collecting, marking, clasifying, analzying, and presenting the resultsof research.The results showedthatthe caseof codearethe internal code switchingas much as41timesandthe external code switching9 timesandcode mixingwhicharemixedcodewordas much as57 times,the phraseas much as25 times,basteras much as2 times,andclauseas much as16 timesandcan beimpliedtoIndonesian language learninginschoolasteaching materials.

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bentuk-bentuk dan faktor penyebab alih kode dan campur kode pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Datadiambil dengan menggunakan teknik simak libat cakap, teknik bebas libat cakap, dan perekaman. Analisis data dengan cara mentranskripsikan, memilih, mengumpulkan, menandai, mengklasifikasikan, menganalisis, dan menyajikan hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan terjadi alih kode yaitu alih kodeinternsebanyak 41 kali dan alih kodeeksternsebanyak 9 kali dan campur kode yaitu campur kode kata sebanyak 57 kali, frasa sebanyak 25 kali, baster sebanyak 2 kali, dan klausa sebanyak 16 kali dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.

Kata kunci: alih kode, campur kode, pembelajaran bahasa.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chaer, Abdul dan Agustina. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa (Tahapan Strategi, Metode, dan Praktiknya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suwito. 1983. Pengantar Awal SOSIOLINGUISTIK Teori dan Promblema. Surakarta: Henary Offset Solo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.