KEKERASAN VERBAL PADA NOVEL KELIR SLINDET KARYA KEDUNG DARMA ROMANSHA DAN KELAYAKANNYA

Fitayah Fatimah Ramadhani, Munaris Munaris, Mulyanto Widodo

Sari


The problem in this research was verbal violence in the novel entitled Kelir Slindet by Kedung Darma Romansha. The purpose of this study was to describe the types of verbal violence there were, indirect speech acts, direct speech acts, repressive speech acts, and alineative speech acts which consisted in the novel Kelir Slindet and the appropriateness of the novel as a teaching materials in the senior high student. The method used was descriptive qualitative. The draft source were the texts from the novel Kelir Slindet. The results showed that in this novel the author did not use the four kinds of verbal violence in each characters. Only the figures of Saritem which used the four types of verbal violence in the novel Kelir Slindet and this novel was appropriate to be used as a teaching material in the high school.

Masalah dalam penelitian ini adalah kekerasan verbal dalam novel Kelir Slindet karya Kedung Darma Romansha. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis kekerasan verbal yaitu, tindak tutur kekerasan tidak langsung, tindak tutur kekerasan langsung, tindak tutur kekerasan represif, dan tindak tutur alienatif yang terdapat pada novel Kelir Slindet dan kelayakannya sebagai bahan ajar di SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah bagian dari teks novel Kelir Slindet. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam novel ini pengarang tidak menggunakan keempat jenis kekerasan verbal pada setiap tokoh. Hanya tokoh Saritem yang menggunakan keempat jenis kekerasan verbal dalam tuturannya dan novel Kelir Slindet layak gunakan sebagai bahan ajar di SMA.

Kata kunci: kekerasan verbal, kelayakan, novel.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aziez, Furqonul dan Abdul Hasim. 2010. Menganalisis Fiksi Perkenalan Sastra. Bogor: Ghalia Indonesia.

Baryadi, I. Praptomo. 2012. Bahasa, Kekuasaan, dan Kekerasan. Yogyakarta: Universitas Santa Dharma.

Chaer, Abdul dan Agustina Leoni. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Ketrampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Salmi, Jamil. 2003. Kekerasan dan Kapitalisme: Pendekatan Baru dalam Melihat Hak-hak Asasi Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.