KESESUAIAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII TERBITAN KEMDIKBUD

Trie Utami, Nurlaksana Eko Rusminto, Karomani Karomani

Sari


This research aimed to describe (1) the suitability of the textbook content with the core competence and the basic competence in Curriculum 2013 and (2) the suitability of the textbook language with the rules of Indonesian. This research used descriptive method. Data collecting technique in this research were documentation and interview techniques. The result showed that the textbook Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs for class VIII that issued by The Ministry of Education and Culture had the suitability with the core competence and the basic competence in Curriculum 2013 and it also had the suitability with the rules of Indonesian. It could be seen in the acquisition of the suitability of the content percentage of 90% including excellent category and the suitability of the language percentage of 80.20% including good category.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesesuaian isi buku teks dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 dan (2) kesesuaian bahasa buku teks dengan kaidah bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VIII Terbitan Kemdikbud sudah memiliki kesesuaian dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 dan kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat pada perolehan persentase kesesuaian isi sebesar 90% termasuk kategori baik sekali dan persentase kesesuaian bahasa sebesar 80,20% termasuk kategori baik.

Kata kunci: kesesuaian bahasa, kesesuaian isi, buku teks.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Akhadiah, Sabarti dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemdikbud. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dokumen. Jakarta: Kemdikbud.

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.