PEMAHAMAN STRUKTUR CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP DWI WARNA PANJANG

Mira Salviani, Muhammad Fuad, Edi Suyanto

Sari


The aim of the research was to describe the level of students' comprehension toward short story in the second grade students of SMP Dwi Warna Panjang, Bandar Lampung at the academic year of 2014/2015. This research used descriptive qualitative method. This research showed that the level of comprehension of students in general considered sufficient, it showed that students' had comprehend sufficiently about structure of short story. In particular, it could be explained that (1) eight students were catagorized as heigh, the students' already comprehen the structure of the short story, (2) seven students catagorized as enough, the students' comprehend the had already structure of the short story, and (3) ten students catagorized as low, the students' did not comprehend the structure of the short story.

Tujuan penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa terhadap struktur cerita pendek di SMP Dwi Warna Panjang, Bandar Lampung kelas VII tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat pemahaman siswa secara umum dikategorikan cukup, yaitu menunjukkan siswa cukup memahami struktur cerita pendek. Secara khusus dapat dirinci (1) delapan siswa dikategorikan tinggi, yaitu siswa sudah memahami struktur cerita pendek; (2) tujuh siswa dikategorikan cukup, yaitu siswa cukup memahami struktur cerita pendek; dan (3) sepuluh siswa dikategorikan rendah, yaitu siswa tidak memahami struktur cerita pendek.

Kata kunci: pemahaman, struktur cerpen, tingkat pemahaman.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Luxemburg. 1986. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT Gramedia.

Moeleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pradopo, S. W., Siti, S.M., M, Soeratno., Ratna, I.H., dan Adi, T. 1985. Struktur Cerita Pendek Jawa. Jakarta: Dependikbud.

Priyanti. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Yunita. 2010. Skripsi Pembelajaran Memahami Struktur Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Bandarlampung: Unila.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.