NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BERTEMAN DENGAN KEMATIAN DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Andreas Zulfikar, Kahfie Nazaruddin, Ali Mustofa

Sari


The present research problem was the values of character education in the novel BertemanDenganKematian: CatatanGadis Lupusby SintaRidwanand its learning in high schools. The method used in this research was descriptive qualitative method. The results show a total of 109 data on the values contained in the novel characters: 11 data on Religious, 11 data on Honest, 4 data on Tolerance, 4 data on Discipline, 7 data on Work Hard, 10 data on Creative, 8 data on Self, 2 data on Democratic, 15 data on Curious, 1 data on the spirit of the National, 2 data on Love Homeland, 2 data on Rewarding Achievement, 6 data on Friendly, 2 data on Love Peace, 2 data on Joy of Reading, 15 data on Social Care, and 5 data on Responsible.

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Berteman Dengan Kematian: Catatan Gadis Lupus karya Sinta Ridwan dan pembelajarannya di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan total ada 109 data mengenai nilai-nilai karakter yang terdapat dalam novel, meliputi Religius 11 data, Jujur 11 data, Toleransi 4 data, Disiplin 4 data, Kerja Keras 7 data, Kreatif 10 data, Mandiri 8 data, Demokratis 2 data, Rasa Ingin Tahu 15 data, Semangat Kebangsaan 1 data, Cinta Tanah Air 2 data, Menghargai Prestasi 2 data, Bersahabat 6 data, Cinta Damai 2 data, Gemar Membaca 4 data, Peduli Sosial 15 data, dan Bertanggung Jawab 5 data.

Kata kunci:karakter, nilai-nilai, pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Fathurrohman, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Kaelan, M.S. 2010. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiantoro, Burhan. 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas.

Rahmanto, Bernadus. 1993. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.