PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TERTULIS UNTUK PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI SMA

Dewi Ayu Purnamasari, Iqbal Hilal, Ali Mustofa

Sari


The problem in this research was how the written assessment instruments in the domain of knowledge (cognitive) and skills (psychomotor) for learning exposition texts in high school. The purpose ofthis research was toproduce a written assessment instruments in the domain of knowledge and skills that would be applied to exposition text material on learning Indonesian in class X that could beused as an assessment in the classroom. The method used was a method of research and development design. The results of this study was feasible because the average scores obtained from the questionnaire experts test for aspects of construction was 3.5, substance aspects was 3.5, and aspects of the language was 3.62 so that theassessment instruments were feasible to use.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah instrumen penilaian tertulis ranah pengetahuan dan keterampilan untuk pembelajaran teks eksposisi di SMA. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian tertulis ranah pengetahuan dan keterampilan yang akan diterapkan pada materi teks eksposisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X yang dapat digunakan sebagai penilaian di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode desain penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian ini dikatakan layak karena skor rata-rata yang diperoleh dari angket uji ahli untuk aspek konstruksi 3,5, aspek substansi 3,5, dan aspek bahasa 3,62 sehingga perangkat penilaian layak untuk digunakan.

Kata kunci: eksposisi, pengembangan instrumen, penilaian.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-DasarEvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kemendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2014 Penilaian. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, Engkos. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Depok: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.