IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR BAMBU KUNING BANDAR LAMPUNG

Lismayana Lismayana, Nurlaksana Eko Rusminto, Siti Samhati

Sari


The objective of this research was describing the conversation which contain implicature of buying and selling at traditional market Bambu Kuning Bandar Lampung and the planning for the Indonesian learning at senior high school. This research used descriptive qualitative method. The data resource of this research was seller and customer who were doing buying and selling at traditional market Bambu Kuning Bandar Lampung. The result was the conversational implicature which could be classified to some kinds of speech act and its speech mode, the conversational implicature based on verbal form of speech act. The research result was the conversational implicature which could be as the consideration for the Indonesian teacher to choose the media in teaching subject about buying and selling.

Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan percakapan yang mengandung implikatur dalam transaksi jual-beli di pasar tradisional Bambu Kuning Bandarlampung dan rancangannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah penjual dan pembeli yang melakukan transaksi jual-beli di pasar tradisional Bambu Kuning Bandarlampung. Hasil penelitian ini berupa implikatur percakapan yang dapat diklasifikasikan ke dalam jenis-jenis tindak tutur beserta modus tuturannya, implikatur percakapan berdasarkan bentuk verbal tindak tutur, dan hasil penelitian berupa percakapan yang mengandung implikatur dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru untuk memilih media pembelajaran dalam membelajarkan materi yang berkaitan dengan proses jual-beli.

Kata kunci: beli, implikatur, jual, pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Brown, Gillian dan Yule, George. 1996. Analisis Wacana. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leoni. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2013. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Teoritis dan Praktis. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.