PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA KELAS VII SMPN 13 BANDAR LAMPUNG
Sari
The problem of this research was how learning writing short story in the class VII SMPN 13 Bandar Lampung 2014/2015 academic year. This research was aimed at describing learning writing short story. The method which was used in this research was descriptive qualitative. Then, the researcher used observation, interview, and documentation as the techniques of this research. Learning writing short story was the resource of this research. The result showed that the teacher had done three steps, there were planning, implementation and assessment. The lesson planning was arranged by the teacher based on curriculum 2013. There were pre-activity, while activity, and post activity as the implementation which used scientific approach such as observing, asking, practicing, associating, communicating. The assessment of the learning process consisted of assassing competence, affective, knowledge, and skill.
Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pembelajaran menulis teks cerita pendek pada kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks cerita pendek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan pembelajaran dibuat guru berdasarkan komponen RPP pada kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru dan siswa yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang dikaitkan dengan pendekatan scientific yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Penilaian yang dilakukan guru mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks cerita pendek.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Miles, B.Matthew, dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.