KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN/RESENSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTAGAJAH

Elisa Novitasari, Ali Mustofa, Karomani Karomani

Sari


Problem in this research was how the ability of writing review text at the eight class of SMP Negeri 2 Kotagajah. This research aimed to describe the ability of writing review text at the eight class of SMP Negeri 2 Kotagajah. The method used was descriptive quantitative. The population consisted of 294 students spread into 10 class. Data were collected through review text writing test. Sample of this research consisted of 60 students. The results of this study demonstrated that the ability of students to write review text was quite good, with an average score of 78. The students weakness in writing review text lied in the usages of perfected orthography (EYD) with an average score of 59 with less category. While the highest score lied in the aspect of structuring with an average score of 92 and including into the very good category.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negei 2 Kotagajah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 294 yang tesebar dalam 10 kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis teks ulasan. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis teks ulasan siswa tergolong baik, yaitu dengan skor rata-rata sebesar 78. Kelemahan siswa dalam menulis teks ulasan terletak pada aspek penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan dengan skor rata-rata 59 termasuk kategori kurang. Sedangkan skor rata-rata tertinggi terletak pada aspek penyusunan struktur dengan skor rata-rata 92 dan termasuk kategori baik sekali.

Kata kunci: kemampuan, menulis, teks ulasan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Akhadiah, Sabarti, dkk. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Isnatun, Siti, dan Farida, Umi. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudistira.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.