KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS XI

Reshky Thofan, Iqbal Hilal, Ni Nyoman Wetty Suliani

Sari


The purpose of this research was to examine the effectiveness of using picture card media to their ability in verse writing at XI class student of SMA Negeri 1 Bandar Lampung. This research method used experimental method, method in terms of pre-test and post-test done by the experiment group and the control group. The result of the research showed that average score ability in verse writing from experiment group in the pre-test was 94,83 and 96,8 in the post-test. On the other hand, the average score of student ability in verse writing of the control group was 94,7 for the pre-test and 96,23 for the post-test. This finding revealed that there was improvement in the experiment group about 1,97 and 1,53 in the control group.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media kartu gambar terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan dengan cara pretes dan postes oleh kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan menulis pantun kelompok eksperimen pada kegiatan pretes sebesar 94,83 dan pada kegiatan postes sebesar 96,8, sedangkan skor rata-rata kemampuan menulis dilakukan dengan cara pretes dan postes dalam kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pantun kelompok kontrol pada kegiatan pretes sebesar 94,7 dan pada kegiatan postes 96,23. Temuan tersebut, sekaligus membuktikan bahwa sudah terjadi peningkatan pada kemampuan menulis pantun kelompok eksperimen sebesar 1,97 dan kelompok kontrol sebesar 1,53.

Kata kunci: kelompok eksperimen, kelompok kontrol, kemampuan menulis pantun.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Suroto. 1993. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sanusi, Effendi. 2013. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Metode Riset Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Yunus, Mohamad dan Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.