PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Ayu Wandira, Nurlaksana Eko Rusminto, Ni Nyoman Wetty Suliani

Sari


The purpose of this study was to describe students writing of discussion text at the eighth grade of SMPN 1 Bandar Lampung on 2014/2015 academic year. This research used descriptive qualitative design. The result showed that the teacher had done the learning process in three steps, those were planning, implementing, and evaluating of the learning process. Planning was designed by the teacher based on the component of lesson plan No. 103 in 2014 in the curriculum 2013. Implementing was done by the teacher and students which included pre activity, while activity, and post activity and associated with scientific approach, those were observing, asking, trying, associating, and communicating. Evaluating the learning process was done by the teacher during the learning process and evaluated the student for attitude, knowledge, and skill aspect.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang guru berdasarkan komponen RPP No. 103 Tahun 2014 pada kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru dan siswa yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang dikaitkan dengan pendekatan scientific yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Penilaian pembelajaran dilakukan guru selama proses pembelajaran berlangsung dan menilai siswa ditujukan pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kata kunci: diskusi, menulis, pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Restuti dan E kosasih. 2013. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Zabadi, Fairul dan Sutejo. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs. Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.