HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK KELAS X SMA

Septi Ria Ariani, Mulyanto Widodo, Siti Samhati

Sari


The purpose of the research is to describe of the correlation between students reading interest towards students short story writing ability of the tenth class at SMAN 4 Bandarlampung in 2012/2013. This research used correlation descriptive method. The subject of the research is student of the tenth class at SMAN 4 Bandarlampung. Based on the conducted research showed that students reading interestof tenth class at that school is included in middle predicate, that is the average score achievement is 62.47. Short story writing ability is include in high predicate, with the average score achievement is 73.67. As the large ofthe correlation between students reading interest towards students short story writing abilityas large as 0.638. based on interpretation tabel score r is showed the correlation between reading interest and short story writing ability includedthe high predicate.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan minat baca dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X sekolah menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat baca siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 termasuk dalam predikat cukup, yaitu mencapai presentase nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 67,42. Kemampuan menulis cerita pendek termasuk dalam predikat baik, yaitu mencapai presentase nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 73,67. Besarnya nilai hubungan minat baca dan kemampuan menulis cerita pendek sebesar 0,638. Menurut tabel interpretasi nilai r maka tampak adanya hubungan minat baca dan kemampuan menulis cerita pendek yang termasuk dalam predikat tinggi.

Kata kunci: hubungan, kemampuan, menulis, minat baca.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Priyanti, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara

Purba, Antilan. 2010. Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahim, Farida. 2006. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, Hendry Guntur. 1984. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.