PEMBELAJARAN MENULIS PUISI LAMA DAN PUISI BARU DI KELAS VII

Rika Ridiawati, Munaris Munaris, Siti Samhati

Sari


This study aimed to describe the planning, implementation, and assessment of learning to write old poems dan new poems. Method which is used in this research is descriptive qualitative. The results showed that the teacher have done three stages of learning there is learning plan, the implementation of learning, and assessment of learning. Activities that teachers doing include three phases of activity, namely preliminary activities, core activities, and closing activities. At the core activity occurs student activity which includes activities to observe, such as the trying activity reasoning activity, and the activity of communicating, in the evaluation of learning outcomes theachers evaluation also fulfill criteria in accordance with the curriculum learning in 2013 that authentic assessment that includes the realm of attitudes, knowledge, and skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis puisi lama dan puisi baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahap pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Aktivitas yang dilakukan guru seperti tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti terjadi aktivitas siswa yang meliputi aktivitas mengamati, aktivitas menanya, aktivitas mencoba, aktivitas menalar, dan aktivitas mengomunikasikan. Dalam kegiatan evaluasi pembelajaran hasil evaluasi yang telah dilaksanakan guru juga telah memenuhi kriteria penilaian pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kata kunci: penerapan penilaian, perencanaan, puisi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Akhadiah, dkk, 1996. Menulis. Bandung: Dikbud dan Dikjen Dikdasmen

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2014. Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Suliani, Ni Nyoma Wetty. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, J. Herman. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Surabaya: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.