PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG
Sari
This research aimed to describe the learning of compiling explanation text for 7th grade students at state junior high school 13 Bandar Lampung. Method that used in this study was qualitative descriptive. The result of this study showed that the teachers have done three stages of learning, including planning, implementation, and learning assessment. In the learning plan that contained in Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) that used by teachers by following the RPP format in 2013 curriculum. In the implementation of learning founded that some of teachers activities have fullfilled the learning concept of 2013 curriculum, by doing apersepsi activities, core activities, and closing activities. In the learning assessment of compiling explanation text, seem that the teachers only assess the knowledge aspects, by giving the students assigment to compile explanation text individually.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menyusun teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru dengan mengikuti format RPP kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran ditemukan bahwa beberapa kegiatan guru telah memenuhi konsep pembelajaran kurikulum 2013, yakni telah dilakukannya kegiatan apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada penilaian pembelajaran menyusun teks eksplanasi, terlihat guru hanya menilai aspek pengetahuan saja, yakni siswa diberi tugas menyusun teks eskplanasi secara individu.
Kata kunci: ekplanasi, menyusun, pembelajaran.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Milles, Matthew B dan A. Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan: Tjeptjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung : Angkasa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.