PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X

Sefty Angraini, Nurlaksana Eko Rusminto, Eka Sofia Agustina

Sari


The problem in this research is learning how to understand the complex procedure text in class X SMA N 2 Bandar Lampung 2014/2015 school year. The purpose of this study was to describe the complex procedure of learning to understand the text. This research used a qualitative descriptive method with observation, documentation, and interviews in data collection. Source of data in this research are learning to understand the complex procedure text. The results showed that all the indicators in the learning plan have been met the teachers. Furthermore, the implementation of learning which includes the introduction, core, and the cover has been implemented by teacher. However, there is an indicator that is not implemented by teacher namely the preliminary activities, where teacher does not deliver the capability to be achieved by learners. Assessment conducted by teacher includes competency assessment attitudes, knowledge, and skills.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran memahami teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran memahami teks prosedur kompleks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran memahami teks prosedur kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator dalam perencanaan pembelajaran telah dipenuhi oleh guru. Selanjutnya pada pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup telah dilaksanakan guru. Namun pada pelaksanaan pembelajaran terdapat satu indikator yang tidak dilaksanakan guru, yaitu guru tidak menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kata kunci: pembelajaran, siswa, teks prosedur kompleks.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Poerwati, Loelok dan Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rahman, Muhammad dan Sofan. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2004. Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Materi Ajar: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.