NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL TADARUS CINTA BUYA PUJANGGA DAN IMPLIKASINYA

Yesi Wariesta, Siti Samhati, Ali Mustofa

Sari


The problem in this research is how the values of education character in Tadarus Cinta Buya Pujangga novel by Akmal Nasery Basral and the implication toward literature study in senior high school. The aims of this research are to describe the values of education character in Tadarus Cinta Buya Pujangga novel by Akmal Nasery Basral and the implication toward literature study in senior high school. The result of this research is about the values of education character in Tadarus Cinta Buya Pujangga novel by Akmal Nasery Basral. The values of education character result can be used as the student material study in literature study in senior high school. The implication of research result toward literature study in senior high school can be about the study scenario design that analyzes values of education character in Tadarus Cinta Buya Pujangga novel by Akmal Nasery Basral.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Hasil penelitian ini berupa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral. Hasil penelitian nilai-nilai pendidikan karakter tersebut, dapat dijadikan sebagai bahan ajar siswa dalam pembelajaran sastra di SMA. Implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMA dapat berupa rancangan skenario pembelajaran menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tadarus Cinta Buya Pujangga karya Akmal Nasery Basral.

Kata kunci: implikasi, nilai-nilai pendidikan karakter, novel.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Basral, Akmal Nasery. 2013. Tadarus Cinta Buya Pujangga. Bandung: Salamadani.

Koesoma A., Doni. 2012. Pendidikan Karakter Utuh Dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kasinus.

Moleong, Lexy. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Rahmanto, Bernandus. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh Prasetyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.