CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA DAN TEATRIKAL HATI SERTA PEMBELAJARANNYA

Hana Yakfi Aningsih, Munaris Munaris, Kahfie Nazaruddin

Sari


The purposes of this research are to (1)describe the image of women in the novel of BBS and TH, (2)compare the image of women who in the BBS and TH, (3) to describe the novel BBS and TH implications for literary learning in high school. The research use qualitative descriptive method. The results show there are similarities and differences. Both novels shows the love of female figures towards their families and their abilities to inclucate religious values in childern. The differences are the woman character in the BBS is a woman who has a physical disability, willing to sacrifice and work hard, while in TH is a beautiful woman, temperamental, having antipathy on men and marriage, faithful women, and loving husband. The image of women in the novel BBS and TH can be implied into the teaching of literature in high school.

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan citra perempuan dalam novel BBS dan TH, (2) membandingkan citra perempuan yang terdapat pada BBS dan TH, (3) mendeskripsikan implikasi novel BBS dan TH terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan pada citra perempuan yang ditampilkan dalam BBS dan TH. Persamaannya adalah keduanya menampilkan sosok perempuan yang menyayangi keluarga dan sosok perempuan yang mampu menanamkan nilai-nilai agama pada anak. Perbedaannya adalah sosok perempuan yang ditampilkan dalam BBS adalah perempuan yang memiliki cacat secara fisik, rela berkorban dan bekerja keras, sedangkan di dalam TH sosok perempuan yang ditampilkan adalah perempuan yang cantik, bertemperamen tinggi, memiliki sikap antipati pada laki-laki dan pernikahan, serta citra sebagai perempuan yang setia, dan mencintai suami. Citra perempuan dalam novel BBS dan TH dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA.

Kata kunci: citra perempuan, novel, pembelajaran sastra.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Achyar, Warnida. 1980/1981. Apresiasi Sastra Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi Universitas Lampung Penulisan Buku/ Diktat). Lampung: Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Handayani, Ellen. 2011. Citra Perempuan dalam Novel Ma Yan Karya Sanie B Kuncoro dan Kelayakannya sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sofia, Adib. 2009. Aplikasi Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Citra Pustaka.

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Zaidan dkk. 2004. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.