PEMBELAJARAN MEMERANKAN TOKOH DALAM TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA

Satria Ariasena, Ni Nyoman Wetty Suliani, Karomani Karomani

Sari


This Cualitative research has a purpose to describe how plan, implementation, and evaluation in the roleplay of character in negotiation text learning based of curriculum 2013, by this research ingrade X of Science 4 SMAN 9 Bandar Lampung. The result of the researchgets from learning activity of the role play of character in negotiation text learning that take from observation, interview, and documentation about plan, implementation, and evaluation of the role play of character in negotiation text learning. The Analyzestechnich uses flow model, there are three activity (1) data reduction, (2) data display, and (3) verification. The research verification was the roleplay of character in negotiation text learning had three phases, there were plan that suitable with RPP component, the implementation that had three phases, there were opening, main, and closing activity, and also the evaluation about knowledge, cognitive, and psychomotoric.

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran memerankan tokoh dalam teks negosiasi sesuai dengan kurikulum 2013 melalui penelitian langsung di kelas X IPA 4 SMAN 9 Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh dari kegiatan pembelajaran memerankan tokoh dalam teks negosiasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran memerankan tokoh dalam teks negosiasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model alir yang mencakup tiga kegiatan yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikankesimpulan (verifikasi). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran memerankan tokoh dalam teks telah dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan yang sesuai dengan komponen RPP, pelaksanaan meliputi tahap pendahuluan, inti, dan penutup, serta penilaian yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Kata kunci: memerankan tokoh, pembelajaran, teks negosiasi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Jelita, Yanti. 2013. Skripsi. Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Pada SIswa Kelas X di MA AL-FATAH Natar, Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Bandar Lampung: FKIP UNILA.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi.Bandung: Refika Aditama.

Kurinasih, Imas & Berlin Sani. 2013 Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 : Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013.Jakarta: Kata Pena.

Sanusi, Ahmad Effendi. 1996. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Setiarini, Indah W & MG Santi Aruni. 2013. Cakap Bernbahasa Indnesia. Jakarta: Yudhistira

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.