TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI YANG MENGEMBARA KARYA A. S. LAKSANA

Ayuning Tyas Purwaningrum, Muhammad Fuad, Kahfie Nazaruddin

Sari


This research focused on characters in the collection of short stories of Bidadari yang Mengembara by A. S. Laksana and the appropriateness of the short stories as a teaching material at Senior High School. The purposes of this research are to describe the characters in the collection of short stories in Bidadari yang Mengembara by A. S. Laksana based on mechanism of dream of psychoanalysis approach and to found out the appropriateness of the short stories as a teaching material at Senior High School. The research used descriptive qualitative method. The source of this research was the texts of short stories in Bidadari yang Mengembara by A. S. Laksana. The results of the research were the characters in collection of short stories in Bidadari yang Mengembara by A. S. Laksana based on mechanism of dream of psychoanalysis approach and to found out the expedience of the short stories as a teaching material at Senior High School based on linguistic aspects that are used to deliver dream mechanism.

Penelitian ini meneliti tokoh dalam kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara karya A. S. Laksana dan kelayakannya sebagai bahan ajar di SMA. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan tokoh yang terdapat pada kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara karya A. S. Laksana berdasarkan pendekatan psikoanalisis mekanisme mimpi dan kelayakannya sebagai bahan ajar di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah bagian teks kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara karya A. S. Laksana. Hasil penelitian ini berupa tokoh-tokoh yang terdapat dalam kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara berdasaarkan pendekatan psikoanalisis mekanisme mimpi, dan kelayakan kumpulan cerpen Bidadari yang Mengembara sebagai bahan ajar di SMA berdasarkan aspek bahasa yang digunakan untuk menyampaikan mekanisme mimpi.

Kata kunci: aspek bahasa, mekanisme mimpi, tokoh.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahmadi, Abu.1998. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra (Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi). Yogyakarta: CAPS.

Milner, Max. 1992. Freud dan Interpretasi Sastra. Jakarta: Intermasa.

Minderop, Albertine. 2011. Psikologi Sastra. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius Press.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia (Kajian Sosio-Psikosastra terhadap Cerpen Agus Noor dan Joni Ariadinata). Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.