PEMBELAJARAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 BANDARLAMPUNG

Epri Fitriyani, Muhammad Fuad, Edi Suyanto

Sari


The aim of this research is to describe learning process in the structure of exposition text at the first grade student of  SMPN 1 Bandarlampung. The method which is used is descriptive qualitative research method. Data collection techniques of this research are observation, interview, and documentation. The result of the research showed that the teacher had done three steps in learning, those are planning implementation and assessment. In planning, the teacher made complete lesson plan based on the lesson plan’s components in 2013 curriculum. In the implementation there are two activities: teacher’s activities and students’ activities. The activities are: pre activity, while activity and post activity. The assessment that was done by the teacher includes attitude competence assessment by using observation technique and knowledge competence assessment by using written test which is read in front of the class by the students.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran struktur teks eksposisi pada siswa kelas VII SMPN 1 Bandarlampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa guru telah melaksanakan tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP pada kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, inti, dan penutup. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian  kompetensi sikap dengan teknik observasi, penilaian kompetensi pengetahuan dengan  teknik tes tertulis yang dibacakan di depan kelas.

Kata kunci: pembelajaran, struktur, teks eksposisi.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama.

Sardiman. 2011. Interaksi daan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suparno. 2011. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.