PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GADINGREJO
Sari
The purpose of this research is to describe the learning of writing an exposition text at the seventh grade of SMP Negeri 2 Gadingrejo, Pringsewu. This research used descriptive qualitative method. The result of the research shows that the teacher had conducted three phases in the learning. Those three phases are planning, implementing, and assessing. At the planning, the teacher made complete lesson plan based on the components of 2013 curriculum lesson planning. In teaching and learning process, there are two activities: teacher’s activities and student ’s activities. All of the teaching learning process is collected in the application of scientific approach which the step consist of observing, questioning, collecting the data, understanding, and communicating. The assessment that was done by teacher includes attitude competence by using observation technique, also the assessment of knowledge and skill competence by using a writen test.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Gadingrejo, Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran. Ketiga tahapan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP pada kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Seluruh aktivitas pembelajaran terangkum dalam pengaplikasian pendekatan saintifik yang tahapannya berupa mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar, dan mengomunikasikan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi, serta penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan dengan teknik tes tertulis.
Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks eksposisi.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Dalman, H. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.