PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 METRO

Nesiana Imania, Mulyanto Widodo, Munaris Munaris

Sari


The problem in this research is about learning of writing an anecdote text for the Tenth Grade of SMA Negeri 1 Metro. The purpose of this research is to describe learning of writing anecdote text in Tenth Grade of SMA Negeri 1 Metro. The method which used is descriptive qualitative. To collect the data, the researcher does several steps: interview, observation, and documentation. The result of research shows that the teacher does three steps in learning activities. The three steps are planning, implementing, and scoring. In planning learning teacher has arranged a complete RPP which is based on components of RPP. In implementing learning, there are two activities, namely teacher’s activity and student’s activity. In teaching learning process, the teacher does three activities, that is pre-activity, while activity, and post activity. To give the score of learning, teacher uses writing test technique and practice or work.

Masalah penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Metro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Metro. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru melakukan tiga tahap kegiatan dalam pembelajaran. Ketiga kegiatan dimaksud mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran guru telah menyusun RPP yang lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran terjadi dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Ketika proses pelaksanaan pembelajaran guru melakukan tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada penilaian pembelajaran, guru menggunakan teknik tes tertulis dan tes praktik/unjuk kerja.

Kata kunci: anekdot, menulis, pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Maryanto, dkk. 2013. Buku Guru Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK: Bahasa Indonesia (2013). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.