BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I
Sari
The problem in the research focused on how the quality of test items used in semester final exams. The objective of the research intended to determine the quality of test items for the semester final exams. The method used in the research was descriptive method. The source of data was the semester final exams test items that total 50 items. Analysis technique used in the research was quantitative analysis; validity, reliability, difficulty level, and discrimination power. The result of analysis indicated that the test items were not valid because it does not cover the entire of curriculum content yet. The reliability of the research was high which is 0.68. The difficulty level and discrimination power were average. Based on the result, it can be concluded that the quality of test items used in semester final exams that total 50 items were average.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas butir soal ujian akhir semester. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal ujian akhir semester yang berjumlah 50 soal. Teknik anlisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif yang meliputi validitas isi, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil analisis menunjukkan bahwa soal belum valid karena belum mencakup keseluruhan isi kurikulum. Reliabilitas data tergolong tinggi yaitu 0.68. Tingkat kesukaran dan daya beda tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapar disimpulkan bahwa kualitas soal soal ujian akhir semester mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SMK Negeri 1 Gedongtataan yang berjumlah 50 soal tergolong sedang.
Kata kunci: daya pembeda, reliabilitas, tingkat kesukaran, validitas.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian: Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.