PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN GAGASAN POKOK MENJADI PARAGRAF PADA SISWA X.5 SMAN 16 BANDARLAMPUNG

Melisa Alwi, Munaris Munaris, Ni Nyoman Wetty Suliani

Sari


The problem in this research is how the learning process develops the idea into paragraph subject at class X. This study aims to describe the learning process develops the idea into paragraph subject at class X.5 SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Research method used is descriptive qualitative. Data source is an activity of learning between language teachers and students totalling 37 students. Data collection techniques used inthis study is observation, interviews, and documentation (photos and video). Data analysis techniques used are analysis of flow models, and performed simultaneously which includes the reduction of the data,the presentation of the data, and draw conclusions. The findings in study are learning implementation plans developed the idea into paragraph subject seen from the activity of teacher and students class X.5 SMA Negeri 16 Bandar Lampung learning year 2012/2013.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran mengembangkan gagasan pokok menjadi paragraf pada siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran mengembangkan gagasan pokok menjadi paragraf pada siswa kelas x.5 SMAN 16 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kegiatan pembelajaran antara guru bahasa Indonesia dan siswa yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi(foto dan vidio).Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model alir, dan dilakukan secara bersamaan  yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan .Temuan-temuan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran mengembangkan gagasan pokok menjadi paragraf dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas siswa kelas X.5 di SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.

Kata kunci: gagasan pokok, paragraf, pembelajaran mengembangkan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, Lamudin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulai.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sardiman, A.M., 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.